120 Peserta Kategori Pop Indonesia Siap Bersaing

SERANG – Nanti malam, helatan Banten Voice 2019 yang digelar Banten Raya TV akan menampilkan kategori Pop Indonesia. Kategori ini diikuti 120 peserta yang akan bersaing memperebutkan tiket grand final yang digelar pada Desember mendatang.

Ketua Panitia Penyelenggara Banten Voice 2019 Rita Darmayanti mengungkapkan, kategori Pop Indonesia dibagi empat episode penampilan. Episode pertama pada Sabtu (5/10) malam ini diikuti 28 peserta, episode kedua Sabtu (19/10) diikuti 29 peserta, episode ketiga digelar Sabtu (26/10) diikuti 29 peserta, dan episode keempat Sabtu (2/11) juga diikuti 29 peserta.  Peserta kategori ini didominasi dari Serang, Cilegon, dan Pandeglang. Namun, ada juga peserta dari Tangerang dan Jakarta.

“Berhubung jumlah pesertanya banyak maka kita bagi empat episode agar mudah mengatur waktu penayangan di TV, karena acara ini disiarkan secara live,” ujarnya kepada Radar Banten, Jumat (4/10).

Rita menerangkan, pada kategori Pop Indonesia, para peserta wajib membawakan lagu pop hits Indonesia tahun 2000-an ke atas. Berbeda dengan tahun lalu, jika tahun lalu meskipun membawakan genre Pop Indonesia namun tidak terbatas pada tahun. Sedangkan tahun ini dibatasi hanya di era tahun 2000-an saja.

“Tahun ini, kriteria pemilihan lagu Pop Indonesia yang ngehits dibatasi hanya tahun 2000-an ke atas saja, seperti lagu Agnes Monica, Cakra Khan, Noah, Rossa, Gita Gutawa, Andmesh, BCL, dan lain-lain,” terangnya.

Dijelaskan Rita, kategori Pop Indonesia ini juga disiapkan dua juri berkualitas. Pertama Ochim Juhro dari Musisi Sedulur Banten (MSB). Pria  yang juga Pembina Gesbica UIN SMH Banten ini akan memberikan krtiteria penilaian peserta dari sisi harmonisasi lagu, tempo lagu, balance lagu, ketukan, notasi, teknik vokal, dan artikulasi suara.

“Sedangkan juri kedua, ada Lilik Hulwatun Ni’mah. Juri internal Banten Raya TV ini akan menilai dari sisi performance peserta di atas panggung. Yang mencakup dari sisi penampilan, kostum, penguasaan panggung, termasuk penghayatan lagu,” katanya.

Sementara itu, Maradona Setiadi, salah satu peserta Banten Voice kategori Pop Indonesia mengaku, ini merupakan ajang kedua kali keikutsertaannya pada Banten Voice. Tahun lalu, ia juga menjadi peserta Banten Voice pada Pop Indonesia. Sedangkan tahun ini ikut dua kategori yakni Tembang Kenangan dan Pop Indonesia. “Tahun lalu saya masuk 10 besar. Alasan saya ikut lagi tahun ini karena hobi dan ingin menyalurkan bakat saja,” terangnya. (ang/alt/ags)