SERANG – Sebanyak 14 desa di Kabupaten Serang masuk kategori rawan pangan. Ketersediaan pangan di 14 desa itu tidak mencukupi kebutuhan sesuai dengan jumlah penduduk.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang Suhardjo mengatakan, 14 desa itu berada di tujuh kecamatan. Rata-rata, desa rawan pangan berada di wilayah perkotaan atau padat penduduk.

Ke-14 desa rawan pangan itu yakni Desa Kramatwatu dan Desa Harjatani di Kecamatan Kramatwatu, Desa Baros Kecamatan Baros, Desa Kibin dan Desa Tambak di Kecamatan Kibin, Desa Ciruas, Ranjeng, dan Desa Pelawad di Kecamatan Ciruas, Desa Anyar Kecamatan Anyar, Desa Kragilan dan Desa Sentul Kecamatan Kragilan, serta Desa Cikande, Parigi dan Desa Cikande Permai di Kecamatan Cikande.

Suhardjo mengatakan, belasan desa itu disebut rawan pangan lantaran ketersediaan pangan yang tidak sesuai dengan jumlah penduduk. Salah satunya, minimnya sektor pertanian. “Jumlah produksi panen tidak bisa mencukupi jumlah penduduknya,” katanya. (Abdul Rozak)