142 Bakal Calon Kades Ikuti Tes

Seleksi bakal calon kades.

SERANG – Sebanyak 142 bakal calon kepala desa dari 21 desa di Kabupaten Serang mengikuti tes. Tes dilakukan lantaran jumlah bakal calon dari 21 desa itu lebih dari lima orang.

Tes bakal calon kepala desa dilakukan di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang, Rabu (16/10). Para bakal calon kepala desa menggunakan pakaian baju putih dan celana hitam. Hadir Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Asep Saepudin Mustofa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Rudi Suhartanto, dan sejumlah anggota Komisi I DPRD Kabupaten Serang.

Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2015 tentang desa, jika bakal calon kepala desa pada suatu desa melebihi lima orang, maka harus dilakukan seleksi untuk diambil lima besar.

“Dari 150 desa yang Pilkades, setelah dilakukan seleksi administrasi ternyata ada 21 desa yang jumlah bakal calonnya lebih dari lima, maka kita lakukan seleksi,” katanya.

Rudi mengatakan, soal yang diberikan kepada para bakal calon kepala desa sebanyak 52 soal dengan durasi pengerjaan 90 menit. Soal mencakup wawasan pemerintahan, undang-undang dasar (UUD), peraturan daerah (Perda) tentang desa, dan pengetahuan umum. (Rozak)