142 TKA-TPA di Cilegon Dapat Izin Operasional dari Kemenag

0
860 views
Rapat BKPAKSI Kota Cilegon.

CILEGON – Badan Koordinasi Pendidikan Al Quran dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi rencana program kerja tahun 2017, Sabtu (21/1), di Aula Setda Pemkot Cilegon.

Direktur Utama BKPAKSI Kota Cilegon Bayu Pantagama mengatakan, rapat koordinasi daerah merupakan amanat anggaran dasar rumah tangga BKPAKSI yang tertuang di pasal 16 ayat 1 tentang keharusan rakorda sebagai bahan evaluasi program kerja tahun 2016 untuk menjadi acuan di program kerja tahun 2017.

“Penekanan pada kegiatan ini adalah penguatan pada kelembagaan dan kemitraan, serta optimalisasi tenaga pendidik dalam berbagai programnya,” ujar Bayu.

Diungkapkan Bayu, Kementerian Agama pada 2016 lalu telah mengeluarkan izin operasional TKA dan TPA. Ada sebanyak 142 unit TKA dan TPA di Cilegon yang telah mendapatkan izin operasional.

“Usulan itu sudah cukup lama sejak tahun 2014-2015, prosesnya panjang. BKPAKSI punya tiga program yaitu TKA, TPA, dan MTKS atau Majelis Taklim Keluarga Sakinah. Jadi Kementerian Agama adalah mitra kita,” katanya.

Lebih lanjut Bayu menuturkan, penerapan kurikulum pengajaran di setiap TKA-TPA yang penggarapannya secara langsung dari BKPAKSI. Kata Bayu, kurikulum dari BKPAKSI berbeda dengan kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.

“Yang sama dengan Kemendikbud itu PAUD Al-Quran-nya. Kalau TKA-TPAnya kita punya sendiri. Kementerian Agama juga punya kurikulum tapi agak berbeda dengan kita. Mereka diwajibkan untuk menggunakan kurikulum kami. Materi pokoknya baca tulis Al-Quran, dan materi penunjangnya hafalan surat pendek, tarikh, tajwid, qiroat dan kita juga menggunakan metode tilawati agar anak membaca tajwidnya benar,” terangnya. (Riko)