145 Perusahaan se-Banten Ikuti Proper

SERANG – Sebanyak 145 perusahaan se-Provinsi Banten telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper). Saat ini sudah memasuki tahapan masa sanggah dari pihak perusahaan terhadap hasil penilaian yang dilakukan oleh tim Kementrian Lingkungan Hidup dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Banten.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten, Husni Hasan kepada wartawan mengatakan, bila saat ini proper sudah masuk tahap masa sanggah. “Sudah selesai, setelah kita nilai, ada kemungkinan perubahan dari hasil penilaian, karena perusahaan diberikan ruang sanggah dengan melengkapi dokumen. Masa sanggahnya dua minggu,” kata Husni.
Ia menjelaskan, bahwa tim penilaian Proper terdiri dari orang BLHD Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian Lingkungan Hidup dan Konsultan. “Nanti lah kita kasih tau hasilnya kepada teman-teman (wartawan-red). Kan rincian datanya di Kantor,” kata Husni.
Husni menegaskan, bila Proper bagi perusahaan ini penting dilakukan dan berpengaruh terhadap kualitas perusahaan, terutama bagi perusahaan yang melayani ekspor, termasuk pada pinjaman modal di Bank. “Kalau misalkan mereka dapat penilaian merah saja, maka beberapa negara tujuan ekspor akan menolak, apalagi kalau penilaiannya hitam,” kata Husni. (Fauzan Dardiri)