15 Bidan PTT di Lebak Diangkat Jadi CPNS


LEBAK – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lebak mengusulkan penetapan nomor induk pegawai (NIP) bidan pegawai tidak tetap (PTT) di atas 35 tahun kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Sebelumnya, 15 bidan PTT tersebut telah melakukan pemberkasan di BKPP Kabupaten Lebak.

Kepala Bidang Pembinaan dan Data Informasi BKPP Lebak Fuad Lutfi mengatakan, BKPP akan mengusulkan penetapan NIP 15 bidan PTT yang berusia di atas 35 tahun kepada BKN. Usulan tersebut berdasarkan kepada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2018 tentang jabatan dokter gigi, dokter, dan bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

“Pengangkatan CPNS 15 bidan PTT berdasarkan formasi dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Mereka telah melakukan pemberkasan dan akan kita usulkan ke BKN untuk penetapan NIP,” kata Fuad Lutfi kepada Radar Banten, Selasa (9/4).

Jika NIP 15 PTT diterbitkan maka tanggal mulai tugas (TMT) sebagai CPNS akan dimulai pada 1 Mei 2019. Untuk itu, 15 bidan PTT yang telah berusia di atas 35 tahun ini akan menerima gaji pada 1 Juni 2019. Besaran gaji CPNS baru 80 persen, tapi ketika mereka ditetapkan sebagai PNS gajinya akan full 100 persen.

“TMT-nya 1 Mei dan mereka akan terima gaji pada 1 Juni 2019. Gajinya sudah siap di APBD 2019,” ungkapnya.

Fuad berharap, bidan PTT yang diangkat menjadi CPNS dapat menjalankan tugas dengan baik. Selama 10 tahun, mereka tidak boleh mengajukan pindah ke daerah lain. Apalagi sekarang Lebak kekurangan tenaga bidan untuk ditempatkan di rumah sakit maupun puskesmas.

“Selama menjadi CPNS, kinerja bidan PTT yang diangkat pemerintah akan dievaluasi. Jika kinerjanya buruk atau indisipliner maka mereka bisa saja gugur atau tidak akan diangkat menjadi PNS,” katanya. (Mastur)