150 Kilogram Ganja Dimusnahkan

SERANG – Sebanyak 150 kilogram daun ganja kering dimusnahkan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, Rabu (31/7). Barang bukti kasus narkotika itu dimusnahkan di halaman kantor BNNP Banten menggunakan incinerator.

Daun ganja kering itu diamankan oleh petugas dari FN (29) dan IG (44). Keduanya ditangkap saat menyelundupkan ganja melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/7).

“Ganja tersebut berasal dari Aceh dengan tujuannya Tangerang (ganja dibawa-red),” kata Kepala BNNP Banten Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Tantan Sulistyana kepada wartawan.

Dijelaskan Tantan, keduanya menggunakan mobil Toyota Camry yang telah dimodifikasi bagian bagasi mobil tersebut. “Disimpan di dalam bagasi (ganja-red),” kata Tantan.

Jalur pengiriman ganja tersebut sempat diubah untuk menghindari petugas. Semula rute pengiriman direncanakan melalui Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Namun, kedua pelaku memilih jalur Palembang tujuan Pelabuhan Bangka Belitung. “Dari Bangka Belitung menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,” ucap Tantan.

Namun, upaya kedua pelaku tersebut gagal. Petugas BNN Banten dibantu BNN Pusat telah mencium perubahan jalur kedua pelaku. Kendaraan yang ditumpangi keduanya langsung dicegat saat turun dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Sakura Expres. “Di bagasi tersebut ada pelat besi yang dilas dan kita temukan barang bukti di dalam situ,” jelas Tantan. (mg05/nda/ags)