SERANG – Sebanyak 16 partai politik (parpol) di Banten memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019. Yaitu Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura, PBB, PPP, PAN, Partai NasDem, PDIP, PKS, PKPI, PKB, Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Hal tersebut diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten melakukan rapat pleno rekapitulasi peserta pemilu.

Meski seperti itu, KPU Banten tidak menjamin dari 16 parpol yang dinyatakan lolos rekapitulasi tingkat Provinsi Banten dapat menjadi peserta pemilu 2019. Hal itu dikarenakan berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, parpol yang akan ikut serta dalam pemilu harus 100 persen memenuhi syarat di 34 provinsi.

Ketua KPU Banten Agus Supriatna mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pleno rekapitulasi parpol di tingkat pusat. “Setelah tanggal 17 Februari hasilnya baru ketahuan. Jadi hasil ini kita kasih ke KPU RI, nanti mereka akan melakukan pleno dari tanggal 13-17 Februari. Tapi untuk Banten sendiri semuanya memenuhi syarat,” kata Agus, Senin (12/2).

Dijelaskan Agus, mengacu UU Nomor 7 Tahun 2017, parpol yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) ikut dalam pemilu 2019 tingkat provinsi harus memenuhi syarat 75 persen. Atau dari delapan kabupaten/kota, enam kabupaten/kota dinyatakan MS.

“Jadi syarat minimal lolos parpol tingkat Provinsi Banten yaitu memenuhi syarat di enam kabupaten/kota. Kalau di bawah enam itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” jelasnya.

Menurut Agus, dari 16 parpol, 14 di antaranya menenuhi syarat di delapan kabupaten/kota. Sedangkan dua parpol hanya memenuhi syarat di tujuh kabupaten/kota.

“Yang dua parpol itu Parta Bulan Bintang (PBB) yang dinyatakan TMS di Kota Tangerang, kalau tujuh daerah mereka MS. Satu lagi itu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang TMS di (Kabupaten) Lebak,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus menyatakan, secara umum seluruh parpol yang telah mendaftarkan dinyatakan lolos atau MS. Hal itu dikarenakan syarat minimal MS adalah di enam kabupaten/kota.

“Semuanya kan di atas enam, jadi MS semua. Termasuk empat partai baru yaitu Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Garuda,” ujarnya.

“Sama halnya denga 12 parpol lama itu Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura, PBB, PPP, PAN, Nasdem, PDIP, PKS, PKPI, dan PKB. Semuanya dinyatakan MS,” sambungnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)