DARI KIRI: Pimpinan BRI Kanca Cilegon Bima Ramadewa, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo, Vice President BRI Region Jakarta 3 Darwaji, Pimpinan BRI Kanca Serang Imam Kusuma Budirahardjo memperlihatkan kartu GPN.

SERANG – Hingga akhir September 2018, baru sekitar 166.281 kartu debit/kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diterbitkan 21 perbankan di Banten. Penerbitan kartu GPN dari hasil penukaran kartu debit berlogo Visa/Mastercard.

Demikan diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo. “Memang masih sedikit karena banyak perbankan yang belum melaporkan hasil penukaran ke kartu GPN. Karena laporannya belum masuk, jadi baru bisa terlihat data hingga September,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo dalam konferensi pers, Selasa (18/12).

Menurutnya, Bank bjb merupakan perbankan dengan jumlah paling banyak mengeluarkan kartu debit berlogo GPN, sebanyak 80.922 kartu. Posisi kedua, BRI sebanyak 53.154 kartu dan posisi ketiga BNI sebanyak 13.714 kartu GPN. “Progres GPN memang tidak sesuai dengan yang diharapkan, tetapi batas waktunya sampai 2020 jadi masih ada waktu,” katanya.

Vice President BRI Region Jakarta 3 Darwaji mengatakan, kehadiran GPN ini sebagai simbol kedaulatan negara. Jadi, diciptakan agar masyarakat merasa bangga dan tumbuh rasa nasionalismenya. Dengan begini, masyarakat tidak lagi bergantung pada Visa dan Mastercard. Masih sedikitnya nasabah yang menukarkan kartu GPN lebih pada rasa enggan dan belum menyadari manfaat dari kartu GPN.

“BRI akan terus proaktif sehingga batas waktu yang ditentukan bisa tercapai 100 persen,” katanya.

Kepala BNI KC Serang Rahmanto mengatakan, penukaran kartu debit ke GPN di BNI KC Serang cukup baik, tetapi memang belum semua nasabah melakukan penukaran. “Kurangnya sosialisasi dan penggadaan kartu yang melambat juga jadi kendala,” katanya.
Sementara berdasarkan data di Kanwil IV Bank bjb, ada sekitar 139.500 kartu GPN yang diterbitkan dari nasabah yang menukarkan hingga 20 Desember 2018. Jumlah terbanyak ada di Bank bjb Kantor Cabang Tangerang, yakni 25.800 kartu. (skn/aas/dwi)