173 Perusahaan di Kabupaten Serang Menunggak PBB

SERANG – Sebanyak 173 perusahaan di Kabupaten Serang menunggak pajak bumi dan bangunan (PBB) pada 2019. Total nilai tunggakan mencaoai Rp2,5 miliar.

Kepala Bidang Penetapan dan Penagihan pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang Warnerry Poetri mengatakan, pihaknya mencatat ada 520 wajib pajak (WP) pada buku empat dan lima yang menunggak pajak. Terdiri atas perusahaan industri, perhotelan, hingga perorangan.

Perempuan yang akrab disapa Neri ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan penagihan kepada ratusan WP Namun, mereka hanya melontarkan beberapa alasan. Seperti tidak menerimanya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dan akses pembayaran yang jauh.

Padahal, kata dia, pihaknya sudah melakukan penagihan pajak dengan layanan keliling. Perusahaan atau masyarakat yang belum membayar pajak bisa membayar melalui pelayanan pajak keliling.

Ia mengatakan, WP yang menunggak pajak akan dikenakan denda dua persen setiap bulannya. Jika sampai lima tahun masih menunggak pajak, SPPT-nya akan dicabut.

Neri berharap para penunggak pajak dapat segera melunasi tunggakannya. Perolehan pajak untuk pembangunan daerah. (Rozak)