0
882 views

FSPP Bangun Islamic Center di Warunggunung

LEBAK – Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak membangun islamic center atau majlis FSPP di Kampung Cipanaday, Desa Sukarendah, Kecamatan Warunggunung. Majlis FSPP tersebut diharapkan akan menjadi pusat peradaban dan ekonomi pesantren.

Ketua FSPP Lebak Ade Bujhaerimi mengatakan, pembangunan islamic center atau Majlis FSPP dilakukan secara swadaya oleh pimpinan pondok pesantren di Lebak. Mereka patungan dan tanahnya pun merupakan hibah dari KH Adrian Mafatuhullah Kariem seluas 2.700 meter persegi.

“Alhamdulilah kita sudah bisa membangun Majlis FSPP di Warunggunung. Tempat ini akan menjadi pusat peradaban yang dapat mendukung tumbuh berkembangnya pesantren di Lebak,” kata Ade Bujhaerimi kepada Radar Banten, Minggu (2/8).

Tidak hanya itu, FSPP Lebak akan menjadikan islamic center ini sebagai Balai Latihan Kerja (BLK) yang dapat memberikan keterampilan bagi santri. Sehingga, santri lulusan pesantren di Lebak tidak hanya mahir dalam pengetahuan agama dan umum. Tapi, mereka juga punya keterampilan yang menjadi bekal hidupnya ketika terjun ke masyarakat.

“Bahkan, kita ingin ekonomi masyarakat di sekitar islamic center meningkat dan ke depan kita pun akan membuat koperasi atau baitul mal untuk memasok berbagai kebutuhan pesantren di daerah,” ungkapnya.

Mantan Bupati Lebak 2003 – 2013 Mulyadi Jayabaya mengapresiasi pembangunan islamic center atau majlis FSPP di Sukarendah, Kecamatan Warunggunung. Untuk itu, lelaki yang akrab disapa JB ini bakal melebarkan jalan menuju lokasi, sehingga aktivitas pimpinan pesantren di lokasi dan masyarakat berjalan lancar. Bahkan, JB mendukung pembinaan santri agar menjadi pengusaha yang amanah dan peduli terhadap umat.

“Pembinaan dan pelatihan terhadap santri harus intens dilakukan, sehingga ke depan muncul santripreneur-santripreneur handal yang dapat mewarnai dinamika pembangunan di negeri ini,” tukasnya.(Mastur)