1st Banten Automotive Expo Target 1.000 Unit SPK

SERANG – 1st Banten Automotive Exhibition di Mall of Serang resmi dibuka pada Jumat (18/10) sore. Pameran otomotif perdana kerja sama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten dan Asosiasi Otomotif Banten (AOB) itu digelar hingga Minggu (27/10). 

Pembukaan berlangsung meriah ditandai dengan penglepasan balon oleh Kepala Bapenda Banten Opar Sohari bersama perwakilan Polda Banten, Jasa Raharja Banten, AOB, perbankan, lembaga pembiayaan, dan lainnya.

Pameran yang diikuti 18 diler mobil dan motor, 13 perusahaan pembiayaan, dan asuransi itu berlangsung di dua area. Area dalam mal digunakam untuk kendaraan penumpang dari beberapa merek seperti Mitsubishi, Daihatsu, Honda, Toyota, Mercedes Benz, BMW, Suzuki, Wuling, DFSK, dan Nissan. Sementara di area luar mal yang menggunakan tenda untuk kendaraan niaga dari Mitsubishi, Toyota, Hino, Suzuki, dan Hyundai. Kemudian, motor Vespa, Honda, Viar, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, aksesori kendaraan, perusahaan pembiayaan, dan asuransi. Berbagai kendaraan yang dipamerkan merupakan produk unggulan dari masing-masing merek.

Ketua Asosiasi Otomotif Banten (AOB) Tubagus Samsul Maarif mengatakan, pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan sekira 1.000 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) selama pameran berlangsung. Jauh di atas target Bapenda Banten sekira 500 unit SPK. “Tetapi, kami dari pihak diler minimal sekitar 1.000 unit SPK,” katanya usai pembukaan pameran.

Ia mengungkapkan, pihak diler akan memaksimalkan tim marketing agar penjualan bisa tercapai. Salah satunya dengan menggiring konsumen untuk melakukan pemesanan kendaraan di pameran. “Dengan cara itu optimistis target akan tercapai, minimal SPK dari diler sekitar 1.000 unit,” ungkapnya.

Menurutnya, pameran tersebut harus dimanfaatkan konsumen untuk membeli kendaraan karena promo yang ditawarkan sangat menguntungkan. Masyarakat tidak perlu menunggu akhir tahun mendapatkan tawaran promo, tetapi bisa didapatkan selama pameran. “Promonya sama seperti akhir tahun sehingga enggak perlu menunggu sampai akhir tahun,” katanya.

Beberapa promo yang bisa didapatkan konsumen antara lain uang muka ringan, diskon spesial, angsuran murah, hadiah langsung, hadiah undian, dan lainnya. “Penawaran ini bisa didapatkan konsumen selama pameran berlangsung dan tentu ini menguntungkan,” katanya.

Kepala Cabang Tunas Toyota Serang Doddy P mengatakan, pameran ini merupakan kesempatan yang baik untuk membeli kendaraan. Keikutsertaan Toyota, yaitu dari Tunas Toyota Serang, Tunas Toyota Cilegon, dan Auto 2000 Serang. Toyota menargetkan mampu meraih sekira 50 unit SPK selama sepuluh hari. “Mudah-mudahan ini tercapai,” katanya. (skn/aas/ira)