2016, KI Banten Punya 20 PR Laporan Sengketa Informasi

Net. KI Banten
Net. KI Banten

SERANG – Berdasarkan catatan, sepanjang 2015, Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten menerima 344 permohonan sengketa informasi. Dari seluruh permohonan sengketa yang masuk, ada sekitar 20 permohonan sengketa yang belum selesai pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, Maskur. Menurutnya, mayoritas permohonan ini terkait anggaran badan publik dan laporan keseluruhan akhir tahun.

Dari seluruh sengketa yang masuk, sebagian besar berakhir dengan mediasi sebagai penyelesaian. Namun ada juga laporan yang dimenangkan oleh si pengadu. “Akhir penyelesaian sengketanya macam-macam. Ada yang selesai dengan mediasi, ada juga yang dimenangkan oleh pengadu. Lebih banyak, dimenangkan oleh pengadu dari pada yang diadukan,” paparnya, Jumat (25/12/2015).

Banyaknya sengketa informasi yang masuk, kata dia, rata-rata karena permohonan informasi pengadu tidak digubris oleh yang diadu. Namun ada juga yang ditanggapi tapi tidak ada kelanjutan dari permohonan informasi yang dimaksud.

Maskur menjamin keduapuluh sengketa tersebut akan diselesaikan Januari atau Februari 2016 mendatang. ” Hal ini karena KI masih memiliki masa 100 hari sisa kerja. (Bayu)