2017, Pemprov Targetkan Pendapatan Pajak Rp5,444 T

0
489 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

SERANG – Tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan pendapatan daerah dari sektor pajak mencapai Rp5,444 triliun. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Epi Rustam.

Epi menuturkan, paling tinggi, pendapatan pajak ditargetkan dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp2,060 triliun. Kemudian, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp1,959 triliun.

“Target pajak air permukaan (AP) Rp30,943 miliar, pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) Rp818,640 miliar, dan pajak rokok Rp574,606 miliar,” ujar Epi, Jumat (3/3).

Untuk menggenjot terealisasinya target pendapatan tersebut, pihaknya akan segera memberlakukan sistem layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor secara online atau e-Samsat. Dengan e-Samsat, masyarakat bisa membayar pajak kendaraan lewat Automatic Teller Machine (ATM) atau bisa juga dengan program Samsat Ekspres lewat m-banking.

Epi menjelaskan, setelah wajib pajak membayar pajak kendaraan melalui ATM atau m-banking, lembaran surat ketetapan pajak pada STNK otomatis dicetak di Samsat sesuai domisili kendaraan.

“Begitu bayar pajak itu langsung otomatis print out surat ketetapan pajaknya. Jadi nanti tinggal ambil di gerai, tidak perlu mengantre. Tinggal menunjukkan bukti pembayaran,” katanya.

Rencananya, lanjut Epi, program tersebut akan dilaunching 15 Maret mendatang di Kota Serang. Pemprov Banten sudah bekerja sama dengan perbankan seperti BNI dan Bank Banten. Ke depan, kerja sama serupa pun akan dilakukan dengan bank yang lain. (Bayu)