21 Tahun, XL Axiata Raih Hasil Positif

0
116
Presiden Direktur/ CEO XL Axiata Dian Siswarini

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada 8 Oktober 2017 berusia 21 tahun. Perusahaan ini pun berhasil meraih hasil positif atas Agenda Transformasi 3R yang dicanangkan sejak 2015. Hasil tersebut tercermin dari antara lain meningkatnya kinerja perusahaan, terbukanya peluang-peluang bisnis baru di masa depan, serta semakin kuatnya fundamental perusahaan. Untuk itu, XL Axiata akan terus melanjutkan agenda transformasi ini hingga tuntas sehingga bisa mampu bersaing di era digital ke depan.

“Ulang tahun ke-21 menjadi momentum yang tepat untuk melanjutkan agenda transformasi yang sudah berjalan dengan hasil yang efektif. Memang tidak mudah untuk memulai tahap demi tahap transformasi ini, banyak hambatan dan rintangan yang harus dilalui, namun kini kami mulai mendapatkan hasil yang sepadan,” kata Presiden Direktur/ CEO XL Axiata Dian Siswarini melalui siaran pers.

Ia menjelaskan, saat ini memasuki tahun ketiga bagi XL Axiata menjalankan Transformasi “3R (Revamp, Rise & Reinvent), agenda yang sudah dilakukan sejak 2015. Urgensi pelaksanaan agenda transformasi adalah untuk menjadi penyelenggara layanan data terkemuka karena di masa mendatang layanan data merupakan sumber pertumbuhan bisnis selular.

Hasil positif yang sejauh ini diraih XL Axiata menunjukkan tahapan-tahapan yang dilalui berjalan secara efektif. Untuk itu, XL Axiata akan terus melanjutkan proses transformasi ke tahap selanjutnya, di mana sejak 2015 XL Axiata berfokus pada tahapan transformasi bisnis, maka saat ini XL Axiata memasuki tahap transformasi operating model yang antara lain mencakup bidang organisasi dan cara bekerja yang berbeda di dalam perusahaan, dengan tujuan utama untuk berubah menjadi organisasi yang lebih berfokus kepada pelanggan (customer focused organization).

Dian menandaskan, semua kerja keras yang telah dijalankan sejak awal tranformasi telah berbuah positif dan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Seperti yang telah sebelumnya disampaikan dalam laporan kinerja Semester 1 2017, pelanggan XL Axiata kini mencapai lebih dari 50,5 juta, meningkat 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ARPU blended XL Axiata di kuartal 2 sebesar Rp 34.000, meningkat 3% dari kuartal sebelumnya. Pencapaian ini sejalan dengan agenda transformasi yang berfokus meraih pelanggan yang berkualitas sesuai sasaran sebagai bagian dari Agenda Transformasi.

Pada sisi jaringan, transformasi yang dijalankan XL Axiata telah mampu mendorong peningkatan kualitas jaringan data dan internet berkecepatan tinggi 4G LTE. Hal tersebut dilakukan dengan penerapan teknologi dalam pengelolaan jaringan, serta dengan perluasan jaringan. XL Axiata hingga ke pelosok Indonesia, antara lain XL Axiata telah menerapkan teknologi yang mempermudah pengaturan kapasitas jaringan di suatu area disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan trafik pemakaian menggunakan Network Functions Virtualization (NFV).

Seiring dengan itu, pembangunan jaringan 4G LTE juga terus dilakukan hingga ke pelosok daerah. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen XL Axiata untuk mendukung pembangunan nasional dengan menyediakan infrastruktur data sesuai program Indonesia Broadband Plan yang dicanangkan pemerintah. Hingga akhir Agustus 2017, secara nasional sebanyak 338 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk layanan 3G, total kota yang sudah terlayani lebih dari 400 kota/kabupaten.

Pada sisi produk, beberapa agenda transformasi paling pokok yang telah terlaksana antara lain adalah implementasi strategi dual brand “XL” dan “AXIS” yang berfokus pada peningkatan proposisi kedua merek tersebut terhadap pelanggan smartphone. Hal ini dilaksanakan dengan peluncuran paket-paket inovatif yang mampu menarik minat pelanggan. (Aas Arbi)