210 Calon Siswa Bintara Lulus Seleksi

0
211 views
Dok.polri.go.id

SERANG – Sebanyak 210 calon siswa (casis) Bintara Polri dinyatakan lulus seleksi, Kamis (1/8). Ratusan calon polisi tersebut akan mengikuti pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang selama tujuh bulan.     

“Hari ini, kita melakukan sidang kelulusan hasil Bintara Polri yang dibuka di Polda Banten. Kita sudah melakukan sidang dan ada 210 yang dinyatakan lulus,” kata Wakapolda Banten Brigadir Jenderal (Brigjen Pol) Tomex Korniawan di Pendopo Gubernur Banten, kemarin (1/8).

Dia mengatakan, animo remaja sangat tinggi dalam seleksi penerimaan casis Bintara Polri di Polda Banten. Sejak proses pendaftaran dibuka pada 2018 lalu, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 2.245 orang. “Yang daftar jumlahnya banyak, ada ribuan,” kata Tomex.

Casis Bintara Polri yang dinyatakan lulus telah mengikuti rangkaian seleksi ketat. Mulai administrasi awal, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, uji jasmani dan anthropometri, uji akademik, hingga pemeriksaan administrasi akhir. “Harapannya setelah dididik, pemuda-pemudi ini menjadi Bayangkara yang baik, menjalan tugasnya sebagai pelindung masyarakat,” harap jenderal polisi bintang satu tersebut.

Di tempat yang sama, Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Langgeng Purnomo menjamin pelaksanaan seleksi penerimaan anggota Polri di Polda Banten berlangsung bersih, transparan, akuntabel, dan humanis. “Proses tahapan seleksi juga selalu diawasi oleh pengawas internal dan pengawas eksternal secara melekat pada tiap pelaksanaan tes,” kata Langgeng.

Dia berpesan agar peserta yang dinyatakan tidak lulus tidak berputus asa. Mereka masih memiliki kesempatan pada tahun depan. “Perekrutan anggota Polri ini telah dilaksanakan dengan benar-benar menjunjung tinggi prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan humanis,” tutur Langgeng.

Dari data yang diperoleh, 210 casis Bintara Polri tersebut terdiri dari 194 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) reguler, 12 Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus). Perinciannya Bintara Polair 2 orang, Bintara Teknologi Informasi (TI) sebanyak 6 orang. Lalu, 2 Bintara Dakwah Islam, 1 Bintara Perawat, 1 Bintara Tata Boga, 3 Bintara Talent Scouting, dan Bintara Polri berasal sumber calon taruna sebanyak 1 orang. (mg05/nda/ags)