24 Tim Drum Band Unjuk Kemampuan

Salah satu peserta tim drum band tampil memukau pada partai final di Radar Banten Arena, Kota Serang, Kamis (28/1/2016). (Foto: Andre AP)

SERANG – Sebanyak 24 tim yang terbagi dalam empat divisi, yakni Divisi Taman Kanak-kanak (TK), Divisi Sekolah Dasar (SD), Divisi Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Divisi Sekolah Menengah Atas (SMA) unjuk kemampuan pada ajang Aji Java Musical Open Drum Band Championship (AJMODBC) 2016. Ajang yang pertama kali digelar distributor peralatan drum band ini dilangsungkan di Radar Banten Arena, Kamis (28/1/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Untuk Divisi TK diikuti lima tim, Divisi SD diikuti 11 tim, Divisi SMP diikuti lima tim, dan Divisi SMA diikuti tiga tim. Pada Divisi TK, juara pertama diraih tim Drum Band TK Al-Izzah Kota Serang, disusul di peringkat kedua tim Drum Band TK Mardiyuana Kota Serang, dan tempat ketiga diraih tim Drum Band TK Mandiri Kota Serang.

Pada Divisi SD, juara pertama menjadi milik tim Drum Band SDN Kadulimus Pandeglang, peringkat kedua tim Drum Band Dau Cikeusal, dan posisi ketiga ditempati tim Drum Band SDN Tinggar 1 Petir. Sementara untuk Divisi SMP, juara pertama diraih tim Drum Band Bahana (SMPN 8 Kota Serang), peringkat kedua ditempati tim Drum Band Gita Insani (SMPN 1 Cikeusal), dan posisi ketiga menjadi milik tim Drum Band Gita Cempaka (SMPN 2 Petir).

Sedangkan pada Divisi SMA, juara pertama diraih tim Drum Band Gita S’nada Nusantara (SMA Nusantara Binuang), peringkat kedua menjadi milik tim Drum Band Gita Nada (MA Al-Khairiyah Padarincang), dan menyusul ditempat ketiga adalah tim Drum Band Gita Suara Pandu (MA Al-Khairiyah Kota Cilegon).

Ditemui usai penerimaan piala, Kepala SMA Nusantara Binuang Syafiudin mengaku bangga dan bersyukur tim drum band sekolahnya sukses menjuarai AJMODBC 2016. “Sangat luar biasa karena kami sukses juara di ajang perdana AJMODBC. Ini sangat emosional karena pembinaan drum band di sekolah kami baru berjalan setahun. Juara ini akan menjadi motivasi kami untuk terus meraih yang terbaik di berbagai event ke depan baik di tingkat Banten maupun di level nasional,” kata Syafiudin kepada Radar Banten, kemarin.

Ia menambahkan, hasil ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras tim dalam berlatih secara intens. “Saya rasa hasil ini sangat adil dan pantas karena kami berlatih minimal lima kali pertemuan dalam sepekan. Anak-anak tak kenal lelah dalam berlatih dan gelar juara ini layak untuk mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana AJMODBC 2016 Nur Asril menyatakan, ajang ini digelar sebagai bentuk perhatian Aji Java Musical terhadap pembinaan generasi muda drum band Banten. “Tujuan kami tentu saja untuk menggali potensi dan membangun generasi drum band Banten. Kita sudah memiliki Gita Surosowan yang telah mendunia dan prestasi itu harus terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Untuk itu butuh generasi andal dan tangguh sebagai penerus tradisi prestasi Gita Surosowan,” ucapnya.

Ia menilai, antusiasme peserta sangat luar biasa. Bahkan penampilan atau skill yang ditunjukkan peserta sangat luar biasa. “Mereka sudah punya bakat, tinggal diasah dan dikembangkan. Kalau mereka dibina secara berkesinambungan, kami yakin mereka akan menjadi atlet drum band masa depan Banten,” pungkasnya. (RB/dre/air/ags)