25.087 UMKM di Kabupaten Serang Siap Hadapi e-Commerce

0
945 views
Kepala Bidang UMKM pada Disperindag Kabupaten Serang, Vita Agustini.

SERANG – Sebanyak 25.087 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang tahun ini siap menghadapi e-commerce atau perdagangan secara elektronik. Hal tersebut sudah dicanangkan sebelumnya oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Serang.

Kepala Bidang UMKM pada Disperindag Kabupaten Serang, Vita Agustini mengatakan, demi mengembangkan produk UMKM di Kabupaten Serang, pihaknya bersama Bidang Perdagangan akan menggunakan sistem komputerisasi untuk mendata para UMKM.

“Jadi nanti kita akan alihkan semuanya berbasis IT (information technology), mulai dari pendataan sampai pemasaran. Yang kita inginkan, masyarakat bisa membeli produk UMKM itu seperti online shop via gadget,” katanya saat ditemui Radar Banten Online, Jumat (3/3).

Untuk memajukan UMKM di Kabupaten Serang, pihaknya juga tahun ini memberikan berbagai pelatihan yang salah satunya untuk memfasilitasi produk-produk pangan industri rumah tangga (PIRT), dimana saat ini sudah berjumlah 82 PIRT dan fasilitasi pangan halal yang saat ini berjumlah 60.

“Dari berbagai macam pelatihan, yang sudah lolos seleksi kita berikan fasilitas gerai dengan memberlakukan sistem pinjam pakai, dimana gerai tersebut tidak dikelola oleh kami, tapi oleh forum komunikasi UMKM,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini sejumlah gerai yang dimiliki sudah ada di seluruh Kabupaten Serang, diantaranya yang berlokasi di Anyer, Cinangka dan di Kota Serang.

“Di gerai, kami pasarkan lima produk unggulan kami, diantaranya emping, tas dompet, dan gerabah yang sudah go internasional yang berbahan baku paling top di dunia, golok Ciomas dan fosil yang sangat spesifik dan mahal. Untuk penambahan nanti kita seleksi dari hasil pelatihan,” ungkapnya. (Wirda)