25 Kelurahan di Kota Cilegon Belum Miliki Bank Sampah

0
1.192 views

CILEGON – Dari total 43 Kelurahan yang ada di Kota Cilegon hanya 18 Kelurahan yang memiliki bank sampah. Padahal idealnya ada disetiap kelurahan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kot Cilegon, Nana Sumarna mengakui belum sepenuhnya kelurahan yang ada di Kota Cilegon memiliki bank sampah. Kata dia, pihaknya menargetkan akan membentuk empat bank sampah setiap tahunnya di masing-masing kelurahan.

“Idealnya semua semua kelurahan memiliki bank sampah, sehingga Kota Cilegon ini bisa mengurangi sampah yang ada di Kota Cilegon,” ujarnya, Senin (24/7).

Dijelaskannya, masih minimnya keberadaan bank sampah di Kota Cilegon lantaran kurang antusias masyarakat terhadap program tersebut. Namun dia mengaku akan terus meningkatkan kesadaran masyarakat terkait besarnya manfaat keberadaan bank sampah.

“Mereka kurang antusias karena belum mengetahui manfaat sendiri, kemudian juga kurangnya trainer atau pengajar dari pemanfaatan sampah serta kurangnya pasar yang dapat menampung hasil kerajinan dari bank sampah,” katanya.

Adapun manfaatnya kata Nana, dari bank sampah tersebut sedikitnya bisa menambah nilai ekonomi warga, seperti dari hasil tersebut bisa dijadikan untuk pembayaran listrik. “Setidaknya kan sampah bisa bermanfaat dan nilai plusnya bisa menambah ekonomi mereka juga. Itu yang harus kita sosialisasikan,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)