Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo (kiri) menyerahkan obor Porprov V Banten 2018 kepada Pj Sekda Banten Ino S Rawita di pendopo gubernur Banten, Curug, Kota Serang, beberapa waktu lalu.

SERANG – Api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 menyimbolkan sebagai api abadi yang berasal dari Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah Porprov V Banten. Api obor tersebut akan terus diarak hingga 3 November 2018 mendatang.

Kirab obor Porprov V Banten telah dilangsungkan sejak Senin 29 November. Selama enam hari berturut-turut api obor itu akan diarak menjelajahi delapan kota dan kabupaten di Banten yang menjadi peserta Porprov.

Wakil Ketua I Poprov Banten Soma Atmaja mengatakan Kabupaten Tangerang akan menjadi daerah terakhir yang disinggahi kirab obor. Setibanya di Kabupaten Tangerang, api obor tersebut akan diarak ke 29 Kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Soma berharap seluruh pihak turut mensukseskan jalannya Porpov V Banten. “Venue, panitia, semua sudah siap. Insya Allah Porprov V akan kita kemas semenarik mungkin,” ujarnya.

Soma menuturkan, api kirab obor Porprov V Banten diambil dari Pos Bitung Pertamina di Kabupaten Tangerang. Pengarakan obor dilakukan oleh tim kirab dan para peserta sebagai penanda semangat perhelatan Porprov V Banten 2018.

“Pawai obor dimulai dari Kota Serang, Kabupaten Serang, lanjut ke Kota Cilegon. Kemudian dari Cilegon dibawa ke Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, lanjut ke Kota Tangerang Selatan, ke Kota Tangerang dan terakhir di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Ketua Umum KONI Banten, Rumiah Kartoredjo berharap pelaksanaan Porprov V Banten dapat berlangsung dengan lancar. Rumiah mengatakan hasil dari Porprov V Banten akan menentukan prestasi Banten pada PON Papua 2020 mendatang.

“KONI mengharapkan hasil dari Porprov ini nanti akan memunculkan atlet-atlet yang potensial. Yang dimana atlet-atlet tersebut akan kami ikutsertakan ke babak kualifikasi PON. Karena 2019 mulai Februari sudah ada babak kualifikasi PON. Jadi kami sangat berharap Porprov ini betul-betul untuk meningkatkan prestasi bukan prestise,” katanya.

Perlu diketahui, sebanyak 3700 atlet dari delapan kabupaten dan kota di Banten akan memperebutkan 2.480 medali dari 39 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov V Banten 2018. Medali tersebut terdiri dari 741 emas, 741 perak dan 998 medali perunggu. (rbs/ibm/ags)