29 WNA di Serang, 13 Menikah dengan Warga Lokal

Kepala Kesbangpol (Kemeja) dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Serang
Kepala Kesbangpol (Kemeja) dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Serang

SERANG – 13 Warga Kota Serang menikah dengan Warga Negara Asing (WNA). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang MT. Satiawan usai menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Serang, di salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Senin (29/2/2016).

“Hingga awal tahun ini, ada 29 WNA (Warga Negara Asing-red) di Kota Serang, pekerja 16 orang, penyatuan keluarga 13 (menikah-red),” ungkap Satiawan.

Satiawan menjelaskankan, warga Kota Serang menikah dengan WNA seperti Amerika, Swedia, Mesir, Arab Saudi, Brithen, Pakistan, Timor Leste dan Prancis. “Mereka (menikah-red) biasanya pakai ITAP (Izin tinggal menetap) yang berlaku selama 5 tahun. Kalau yang bekerja, izinnya berlaku selama satu tahun,” kata Satiawan.

Untuk melakukan pengawasan, lanjut dia, pihaknya bersama tim Pora melakukan tiga metode pengasawan, yakni pengawasan tertutup, terbuka dan administrasi.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Serang, Maskurdi mengatakan, pihaknya sebagai salah satu unsur Tim Pora, terus melakukan pemantauan pada 29 WNA. “Untuk pengawasan WNA di Kota Serang, kita tentunya sejalan dengan apa yang dilakukan selama ini oleh tim pora,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)