3.395 Warga Banten Mencoblos dari Dalam Penjara

0
395 views
Komisioner KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri.

SERANG – Sebanyak 3.395 warga Banten menggunakan hak suaranya di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten hari ini dari dalam penjara. Warga tersebut merupakan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Banten.

Komisioner KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri menuturkan, warga binaan yang mempunyai hak suara di dalam Rutan sebanyak 1.373. Sedangkan di Lapas sebanyak 2.022 warga. “Kita siapkan TPS di masing-masing Rutan dan Lapas,” ujarnya melalui pesan teks WhatsApp, Rabu (15/2).

Di Kota Cilegon, warga binaan yang memilih sebanyak 302 orang, Kota Serang sebanyak 833 orang, Kota Tangerang sebanyak 1.010 orang, Kabupaten Lebak sebanyak 149 orang,  Kabupaten Pandeglang 190 orang, sedangkan Kabupaten Tangerang sebanyak 911 orang.

Sebelumnya, Syaeful menjelaskan, warga Banten yang masih bisa menggunakan hak suaranya hanya warga Banten yang menjalani hukuman di Rutan atau Lapas yang berada di wilayah Banten. Sedangkan bagi warga yang sedang menjalani hukuman di Lapas atau Rutan di luar Banten seperti Ratu Atut Chosiyah di Rutan Pondok Bambu Jakarta dan Tubagus Chaeri Wardhana di Sukamisikin Bandung, tidak bisa mengunakan haknya. (Bayu)