3.500 Kader PDIP di Banten Ikut Gelar Pasukan Anti-Politik Uang

0
530 views
Gelar pasukan brigade anti-politik uang di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (9/1).

SERANG – Sebanyak 3.500 kader PDIP di Banten ikut gelar pasukan  brigade anti-politik uang di Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (9/1). Kegiatan ini sebagai persiapan menjelang pemungutan suara pada 15 Februari mendatang.

Asep Rahmatullah, pengurus PDIP Provinsi Banten,  menjelaskan, kegiatan ini merupakan suatu partisipasi masyarakat, terutama PDIP, dalam mengedukasi masyarakat agar bersih dari praktik politik uang. Sejauh ini para kader dan masyarakat harus menyadari bahwa demokrasi di Banten tidak boleh ada lagi praktik politik uang.

“Kegiatan ini merupakan kepedulian partai pengusung demi menjaga marwah demokrasi yang bersih dari money politic dan menjunjung tinggi demokrasi sehingga masyarakat terhindar dari perilaku-perilaku pragmatis. Money politic itu mencederai demokrasi pilkada di Banten,” ujarnya di sela-sela upacara. Meski gerimis, keder tetap antusias mengikuti gelar pasukan.

Asep menjelaskan, berdasarkan survei yang dilakukan PDIP,  masyarakat Banten 68 persen bersikap pragmatis. Untuk para kader PDIP diharapkan mampu mengajak masyarakat dan mengedukasi masyarakat agar tidak pragmatis. “Harapanya para kader ini nanti bisa mengawasi jalannya Pilgub 2017. Mereka nanti juga diharapkan melaporkan kepada Bawaslu jika ada tim paslon yang bermain money politic di lingkungan masyarakat. Ke depan, mereka juga akan membantu tugas KPU dan Bawaslu di TPS, minimal mereka nanti setiap satu orang bisa mantau lima TPS. Kemudian diharapkan masyarakat tidak memilih pasangan yang pragmatis dan memakai cara money politic dalam pilgub ini,” ujarnya. (Ade F)