3 Hal yang Harus Dilakukan agar Masa Tua Tetap Sehat

JANGAN sampai kita menyesal di kala tua lantaran tidak memerhatikan kesehatan semasa muda. Semasa muda setidaknya kita harus bijaksana memerhatikan kebiasaan makan dan olahraga sebagai modal menghadapi fase penuaan dengan sehat.

“Semakin lama kita melatih kebiasaan makan dengan sehat dan berolahraga teratur, semakin besar kemungkinan kita akan mengalami fase penuaan dengan sehat,” kata Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman dalam keterangan resminya, Selasa (27/11).

Susan Bowerman menjelaskan, makan adalah salah satu kebiasaan yang bisa melatih kita secara rutin setiap hari. Itu berarti, setiap jenis makanan akan menyediakan kesempatan untuk memperkuat kebiasaan sehat anda.

Di antaranya melatih menentukan porsi dan memilih jenis makanan bernutrisi padat. Setiap kali anda membuat pilihan makanan yang tepat, berarti telah lebih tegas pada diri sendiri guna membangun kebiasaan makan yang baik dan akan berguna seumur hidup anda.

“Saya telah memberikan masukan kepada banyak pasien berusia lanjut yang memiliki kebiasaan makan yang buruk dan secara mendadak memutuskan untuk mengubah pola hidup ke arah lebih sehat. Hal tersebut dipicu pertambahan usia atau bahkan kondisi kesehatan. Mereka juga mengaku cukup sulit mengubah kebiasaan pola makan yang sudah dilakukan berpuluh tahun sebelumnya,” ujar Susan.

Menurut survei bertajuk “2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey” yang dilakukan pada Agustus 2018 lalu dengan melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara, mayoritas responden di Indonesia (71%) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat.

Bahkan 90% responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan. Tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan memulai olahraga secara teratur guna mendapatkan fase menua dengan sehat.

Tapi jika masih merasa muda, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar mengalami usia yang menua dengan sehat.

1. Mempertahankan Kesehatan Tulang

Beberapa hal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kalsium dalam makanan anda (sekitar 1.000 mg per hari) dan secara teratur berlatih beban. Mengkonsumsi kalsium yang cukup setiap hari di mana kebutuhan meningkat menjadi sekitar 1200 mg per hari setelah usia 50 agar sesuai dengan kebutuhan kalsium harian anda.

2. Mempertahankan Massa Otot dan Berat Badan

Membangun massa otot dapat dilakukan pada usia berapa pun. Ketika anda akan memulai kebiasaan yang baik di usia muda, termasuk mengonsumsi protein yang cukup dan terlibat dalam latihan ketahanan tubuh, anda akan cenderung melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidup. Karena, sebagian besar, massa tubuh tanpa lemak menentukan tingkat metabolisme pada saat istirahat. Membangun massa otot adalah salah satu cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk melawan peningkatan obesitas, akibat peningkatan lemak dan berat badan seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dan cara merawat kulit di masa muda, dapat memengaruhi penampilan kulit saat bertambah tua. Kulit anda bergantung pada protein untuk memproduksi dan mendukung strukturnya, serta kebutuhan cairan untuk membantu mencegah kekeringan.

Membiasakan diri membersihkan, melembabkan dan secara teratur menggunakan tabir surya ketika masih muda dapat membantu mempertahankan kulit yang sehat saat usia bertambah. Efek Kerusakan kulit yang terjadi saat muda mungkin baru akan muncul saat usia lanjut. Jadi pertahanan terbaik anda adalah membiasakan merawat kulit dengan baik mulai dari sekarang. (esy/jpnn)