3 Hari Mengambang di Laut dengan Tabung Elpiji, 3 Kru Kapal Selamat

CILEGON – Setelah terombang-ambing di lautan selama tiga hari, akhirnya tiga orang kru Kapal Motor (KM) Kartika II terselamatkan setelah mendapatkan bantuan dari kru Kapal MT Southernpec 12 yang saat itu sedang melintasi perairan Ciwandan, Kota Cilegon.

Ketiga orang kru kapal motor Kartika II tersebut diketahui bernama Andi Acok (34) selaku Kapten Kapal, Sudirman (27) dan Aldi (32) Anak Buah Kapal (ABK). Kini, Kamis (18/8/2016) ketiga orang itu masih terbaring lemas dan dirawat di RSUD Panggung Rawi, Kota Cilegon.

Informasi yang berhasil dihimpun, Kapal Motor (KM) Kartika II yang sedang mengangkut muatan 55 ton yang terisi dari 1.972 tabung gas elpiji itu bertolak dari Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang pada 13 Agustus 2016 lalu dengan tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Namun kapal tersebut tenggelam di Perairan Selat Malaka pada 14 Agustus 2016.

Kapten kapal motor (KM) Kartika II, Andi Acok saat ditemui sejumlah wartawan di RSUD Panggung Rawi Kota Cilegon mengatakan, sebelum tenggelam kapal yang dikendarainya mengalami mati mesin dan kebocoran di lambung kapal. Saat itu cuaca buruk sedang terjadi di perairan. “Saat itu sedang terjadi gelombang tinggi. Kita di atas kapal dengan keseluruhan ada lima orang,” katanya.

Andi mengungkapkan, selama tiga hari di atas laut, dirinya berusaha meminta tolong kepada kapal-kapal yang melintas. Namun tidak ada kapal yang menolongnya, hingga akhirnya Kapal MT Southernpec 12 yang berbendera Singapura datang menolong. “Sebenarnya kapal itu sudah lewat jauh tapi kapal itu kembali menolong kita. Selama di tengah laut kita hanya berpegangan pada tabung gas,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Basarnas Pos SAR Banten Hairoe Amir Abyan saat dihubungi wartawan melalui telepon mengaku tidak mengetahui korban kapal tenggelam di Selat Malaka yang ditemukan mengapung di perairan Ciwandan, Kota Cilegon. “Terimakasih informasinya, nanti akan kita koordinasikan,” ujarnya. (Riko)