30 Pengacara Bela Rano-Embay di Mahkamah Konstitusi

0
595 views
Mahkamah Konstitusi

SERANG – Sebanyak 30 pengacara siap membela pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Rano Karno- Embay Mulya Syarief pada gugatan sengketa Pilkada Banten di Mahkamah Konstitusi (MK).

Salah satu pengacara Rano-Embay,  Badrul Munir, menuturkan,  pihaknya sudah mendaftarkan gugatan tersebut ke MK Selasa (28/2) lalu.

“Saya tidak bisa sebutkan satu per satu, karena banyak kan. Tapi beberapa di antaranya ya saya sendiri, Siera Prayuna, dan Azis Pasaribu,” ujarnya, Kamis (2/3/).

Adapun materi gugatan yang dibawa ke MK yaitu sejumlah dugaan pelanggaran pilkada seperti penggelembungan suara, money politic,  dan surat keterangan palsu.

Terkait Pasal 158 ayat 1 huruf c Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang, di mana dalam pasal itu disebutkan bahwa provinsi dengan jumlah pendudukan lebih dari 6-12 juta jiwa pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan selisih paling banyak 1 persen, menurut Badrul, hak tersebut tidak bisa menghalangi perkara.

“Ketentuan itu kami mengakui, tetpi lebih jauh kita juga kan harus memahami ada prinsip bahwa pengadilan tidak boleh menolak perkara. Kemudian kita juga harus memahami bahwa setiap orang berhak melakukan upaya hukum, mencari keadilan atas perasaan ketidakadilan yang dirasakan,” pungkasnya.  (Bayu)