30 Sarjana di Banten Berebut Jadi Anggota Kepolisian

0
1.659 views

SERANG – Sebanyak 30 sarjana dari berbagai jurusan di Provinsi Banten berebut ‘kursi’ dari  75 kursi anggota kepolisian. Nampaknya keberuntungan perlu dimiliki oleh puluhan sarjana tersebut, pasalnya kursi yang tersedia diperebutkan oleh sarjana dari seluruh Indonesia.

Nurul Fatihah, gadis manis asal Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu dari puluhan sarjana fresh graduate yang bersaing dalam program Seleksi Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2017.

Mengabdi kepada negara menjadi alasan alumnus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang jurusan Komunikasi tersebut. “Saya ingin menggunakan ilmu public relation yang saya dapatkan saat kuliah, bermanfaat untuk negara dan masyarakat dengan lembaga kepolisian,” ujar Fatihah kepada awak media setelah proses penandatanganan pakta integritas di Gedung Serbaguna Polda Banten, Kamis (2/3).

Fatihah bercerita, menjadi seorang polisi adalah hal yang sangat dirinya idamkan. Karena itu,  perempuan berambut lurus ini berani beradu nasib dengan puluhan sarjana dari Banten lainnya, bahkan ratusan sarjana seluruh Indonesia untuk menjadi polisi melalui program ini.

Sementara itu, Karo SDM Polda Banten Kombes Andi Syahriful Taufik menjelaskan, seleksi yang akan dilakukan di Polda Banten berlangsung hingga 13 Maret mendatang. Rangkaian tes seperti psikologi serta kesehatan akan dilakukan untuk menyeleksi sarjana tersebut.

“Setiap tahapan, setelah selesai langsung akan diumumkan, yang lolos dan tidak akan diumumkan dalam waktu satu atau dua hari setelah tes,” katanya.

Setelah melalui tahapan ini, para peserta seleksi yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya untuk memperebutkan 75 kuota yang tersedia. “Dari Banten berapa, belum ditetapkan, itu Mabes Polri yang menetapkan,” ujarnya.

Andi menyarankan kepada seluruh peserta untuk serius dan menjalani tahapan seleksi dengan optimistis. “Minta doa kepada orangtua, banyak istirahat, tidur cukup, karena itu mempengaruhi hasil seleksi,” katanya. (Bayu)