30 Tong Sampah untuk Lima RW

0
195 views

PABUARAN – Pemerintah Desa Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran, sudah menyiapkan 30 tong sampah untuk disebar di lima RW. Kebersihan menjadi hal paling utama bagi pemerintah desa ini di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Lima RW di Tanjungsari yang ikut lomba adalah RW 01 di Kampung Kadukacapi, RW 02 di Kampung Karag, RW 03 di Kampung Tanjung, RW 04 di Kampung Pagedangan, dan RW 05 di Kampung Birai.

Kepala Desa Tanjungsari Zaenal Arifin mengaku sudah menginstruksikan warganya untuk mulai berbenah untuk menghadapi LKBA sejak awal September lalu. Untuk membantu warganya, ia akan membagikan 30 tong sampah kepada warga di lima RW tersebut.

Salah satu RW yang akan mendapat tong ialah RW 01, Kampung Kadukacapi. Warga di kampung tempat Kantor Desa Tanjungsari berada ini sudah melakukan gotong royong membersihkan lingkungan. Tanaman bunga pinggir jalan pun sudah mulai mekar.

Dijelaskan Zaenal, RW 01 bakal dibuat menjadi hijau dan rapi. Namun, sebelum rencana itu direalisasikan, ia ingin memastikan jika tak ada sampah plastik yang berserakan. Sosialisasi kepada warga agar membuang sampah pada tempatnya telah dilakukan.

”Jadi, kebersihannya dulu kita benahi,” ujarnya kepada Radar Banten, Sabtu (26/9).

Setelah itu, pemagaran dari bambu di sepanjang jalan sekira 400 meter dilakukan. Di belakang pagar, tanaman bunga dan sayur untuk konsumsi warga ditanam. ”Nanti, kampung ini (menyebut RW 01, Kampung Kadukacapi-red) bakal indah,” katanya.

Sementara itu, Babinsa Desa Tanjungsari Sertu Suhenda menambahkan, partisipasi warga dalam menyambut LKBA sangat besar. Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan setiap pekan, selalu diikuti oleh puluhan warga.

“Mulai dari remaja sampai emak-emak, semua ikut kerja bakti,” tegas Suhenda.

Namun, Suhenda mengakui jika peralatan keamanan di pos ronda di RW 01 belum dilengkapi. ”Semoga, RW 01 jadi juara LKBA,” harapnya. (mg06/don)