350 Warga Pandeglang Diperiksa Darah

0
870 views
Petugas Dinkes Kabupaten Pandeglang mengambil sampel darah warga pada kegiatan rapid test di pasar Badak Pandeglang, Kamis (23/4).

Cegah Penyebaran Virus Corona

PANDEGLANG – Sedikitnya 350 warga Pandeglang diperiksa darahnya menggunakan alat rapid test oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang di kawasan Pasar Badak Pandeglang dan Pasar Labuan, Kamis (23/4). Tujuan kegiatan, untuk memastikan warga Pandeglang tetap sehat, selain sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di masyarakat.

Kepala Seksi (Kasi) Survilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Pandeglang, Rita Kusumawati mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan atau cek darah berlaku bagi warga dan pedagang. “Kita melakukan metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi masyarakat. Sasarannya pengunjung pasar dan warga yang melintas,” ungkap Rita di lokasi kegiatan, kemarin.

Rita mengatakan, jika hasil rapid test ada yang terindikasi terjangkit virus corona, maka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan untuk memasikan yang bersangkutan positif terkena virus corona atau tidak. “Kalau ada yang positif dilakukan tes Swab untuk kepastiannya. Alhamdulillah, ratusan warga yang diperiksa, hasilnya non-reaktif,” tegasnya.

Rita menegaskan, pihaknya tidak segan untuk melakukan tindakan masif apabila ditemukan ada warga Pandeglang yang tertular virus corona. Tindakan itu sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus agar tidak menular ke masyarakat yang lain. “Kita langsung bawa ke tempat pelayanan kesehatan dan akan melakukan isolasi (terhadap orang yang positif corona-red). Kemudian, kita periksa dan tanya orang yang bersangkutan kegiatannya dimana saja, komunikasi dengan siapa saja, semuanya kita periksa tanpa terkecuali,” tegasnya.

Ditemui di area pemeriksaan kesehatan, Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Pandeglang, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Riska Tri Arditia meminta masyatakat untuk mengikuti tes kesehatan yang digelar Dinkes. Pihaknya akan terus berupaya membantu mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Pandeglang. “Dengan adanya rapid test sangat bagus, karena pusatnya ada di pasar. Kita akan terus mengawal dan berkoordinasi dengan semua pihak agar wabah corona bisa tertangani,” ucapnya. (dib/zis)