385 Jamaah Asal Pandeglang Tiba dengan Selamat

0
89

PANDEGLANG – Sebanyak 385 jamaah haji Kloter 32 asal Pandeglang tiba dengan selamat di Pendopo Pemkab Pandeglang, Sabtu (23/9) pukul 06.30 WIB. Mereka sebelumnya menempuh perjalanan darat selama dua jam dari Asrama Haji Pondok Gede. Kedatangan ratusan jamaah haji itu tentu saja disambut Buptai Irna Narulita yang didampingi Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Yusuf Baihaki, Kepala Seksi (Kasi) Syariah Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Pandeglang Ahmad Suja’i, dan Pelaksana Harian (Plh) Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Agus Salim.

Irna menyampaikan selamat atas kedatangan para jamaah sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarga di Pandeglang. “Karena, menjalankan ibadah haji tidaklah ringan maka diharapkan sesampainya di Tanah Air harus mampu mengamalkan keimanan yang sudah dilakukan di Tanah Suci itu. Sehingga, menjadi sosok teladan di lingkungannya masing masing,” katanya.

Irna berharap, para haji yang baru datang dapat memberikan warna positif dalam pembangunan di Kabupaten Pandeglang, khususnya dalam pembangunan mental spritual pada masyarakat sekitar. “Mudah-mudahan seluruh jamaah haji yang datang ini menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ujarnya.

Plh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kamenag Kabupaten Pandeglang Agus Salim menambahkan, jamaah haji Kloter 32 telah tiba dengan keadaan sehat. Namun, kata dia, dari delapan petugas pendamping haji (PPH), satu atas nama Samanah bin Sam’un dari Kecamatan Labuan meninggal, sementara dua orang atas nama Marsudi dan Duroh ditunda kepulangnya lantaran sakit.

“Kedua orang yang sakit kini harus dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Makkah,” katanya.

Diketahui, untuk jamaah haji Kloter 50 yang masih melaksanakan ibadah haji akan pulang dari Makkah pada Minggu (1/10) mendatang dan PPH yang belum pulang rencannya akan berbarengan dengan kloter tersebut. (Herman/RBG)