4 Cara Mudah Turunkan Kadar Kolesterol

KOLESTEROL tinggi berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah otak.

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki kolesterol tinggi? Jika Anda mengalaminya, berikut ini beberapa tips mengurangi kadar kolesterol Anda:

1. Kurangi asupan makanan yang digoreng.

2. Perbanyaklah makanan yang diolah dengan cara direbus dan dikukus.

3. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti kulit ayam, daging berlemak, kuning telur, cumi, dan udang.

4. Olahraga teratur. Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah olahraga aerobik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Contohnya jalan kaki, bersepeda, senam, dan renang. Lakukan olahraga secara rutin sebanyak tiga kali seminggu.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, tak hanya diperlukan niat tetapi juga pengetahuan yang cukup mengenai hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting agar Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang malah bisa memperburuk kadar kolesterol.

Ingat, selain pola makan yang tepat. Jangan lupa berolahraga untuk mendapatkan hasil yang optimal. (RS/RVS/klikdokter/JPNN)