400 dari 1.400 Kilometer Jalan Lingkungan Selesai Dibangun

0
79
Sejumlah pengendara berhati-hati melintasi ruas Jalan Mengger-Mendalawangi, Minggu (4/8). Foto Herman/Radar Banten

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Pandeglang sejak tahun 2016-2018, telah selesai membangun sepanjang 400 kilometer jalan lingkungan, dari 1.400 kilometer jalan yang ada.

Pembangunan sarana tersebut didanai APBD Pandeglang, bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Banten dan APBN.

Kepala DPKPP Kabupaten Pandeglang Syarif Hidayat mengatakan, masih ada seribu kilometer jalan lingkungan yang masih harus diperbaiki instansinya. “Pembangunan jalan lingkungan yang sudah kita selesaikan baru 400 kilometer. Artinya, masih ada seribu kilometer lagi jalan lingkungan yang harus kita bangun dan perbaiki,” katanya kepada Radar Banten, Minggu (25/8).

Syarif menerangkan, pembangunan ribuan kilometer jalan ke depan akan dilakukan secara bertahap. Dilakukan setiap tahun dibiayai APBD Pandeglang, APBD Pemprov Banten, dan bankeu dari Pemerintah Pusat. “Kalau kita bangun sekaligus sepertinya tidak mungkin. Tetapi yang pasti, setiap tahun kita lakukan pembangunan jalan lingkungan di semua wilayah Pandeglang,” katanya.

Menurut Syarif, ada beberapa hal yang menyebabkan belum optimalnya pembangunan jalan lingkungan di Pandeglang, di antaranya karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. “Persoalan kita sebetulnya ada di anggaran, karena memang anggaran yang kita miliki tidak cukup untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan. Makanya, kita lakukan secara bertahap, karena butuh Rp1 triliun untuk menyelesaikan semua pembangunan itu,” katanya.

Syarif berjanji akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat agar bantuan keuangan pembangunan infrastruktur bisa terus bertambah. “Setiap tahun kita juga selalu menyampaikan kebutuhan anggaran untuk pembangunan jalan. Tetapi karena anggaran itu bukan milik kita, kita terima saja sebesar apapun yang diberikan. Namun, kita akan terus upayakan agar bantuan keuangan untuk Kabupaten Pandeglang terus meningkat,” katanya.

Sekretaris DPKPP Kabupaten Pandeglang Didin Pahrudin mengatakan, tujuan pembangunan jalan lingkungan untuk memudahkan aktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Infrastruktur jalan merupakan kunci utama peningkatan perekonomian dan memudahkan akses. Selain itu, jalan yang bagus dan lingkungan yang bersih juga bisa mengatasi persoalan kekumuhan wilayah,” katanya. (dib/zis)