436 Pendaftar CASN Pemprov Banten Gagal

0
471 views

SERANG – Tim verifikasi calon aparatur sipil negara (CASN) Pemprov Banten telah menyelesaikan verifikasi 6.170 pendaftar tes CASN. Hasilnya, 436 pendaftar gagal alias tidak memenuhi syarat menjadi peserta tes. Sementara 5.734 pendaftar akan menjalani tes untuk memperebutkan kuota 254 CASN Pemprov Banten.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, nama-nama pendaftar yang tidak memenuhi syarat (TMS) akan diumumkan melalui website pada 16 Desember. “Nanti ada masa sanggah tiga hari untuk memperbaiki,” ujar Komarudin melalui telepon seluler, Kamis (5/12).

Komarudin mengatakan, ada beberapa penyebab yang ratusan pendaftar tak memenuhi syarat. Antara lain hasil unggahan tidak jelas, nilai tidak sesuai dengan yang disyaratkan, dan bidang studi tidak sesuai dengan formasi yang dilamar.

Bagi pendaftar yang memenuhi syarat, lanjut dia, akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi dasar. Untuk waktunya belum ditentukan. “Tapi kemungkinan tahun depan,” ujar mantan Pj Bupati Tangerang ini.

Plt Kepala Bidang Mutasi BKD Provinsi Banten Bunayah menambahkan, pendaftar yang tidak memenuhi syarat memiliki waktu tiga hari untuk menyanggah. Namun, tidak semua pendaftar dapat menyanggah. “Hanya yang karena kesalahan sistem saja yang bisa menyanggah. Kalau karena kesalahan sendiri tidak bisa,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, ada juga beberapa pendaftar yang salah menunjukkan alamat pendaftaran. Surat lamaran yang disampaikan bukan untuk Gubernur Banten, tapi ada untuk kementerian atau instansi pemerintahan lain.

Ia mengatakan, pada 16 Desember nanti para pendaftar dapat melihat data pelamar yang tidak memenuhi syarat di website. Bagi yang bisa menyanggah karena kesalahan sistem, dipersilakan untuk memperbaiki. Kata dia, pendaftar mayoritas untuk tenaga pendidikan karena kuotanya lebih banyak. (nna/aas/ags)