437,54 KM Jalan Sudah Dibetonisasi

Jalan Tanjung-Gunungsari, Kecamatan Gunungsari, kini sudah dibetonisasi dari sebelumnya masih kerikil dan rusak parah, Rabu (18/12)

SERANG-  Pemerintah Kabupaten Serang sudah membangun 437,54 kilometer jalan dengan betonisasi per 2019. Pembangunan jalan dengan total keseluruhan 601,13 kilometer ditargetkan selesai 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hanafi TR mengatakan, progres pembangunan jalan kabupaten sudah 72,2 persen. “Sesuai target tahun ini, 437,54 KM jalan sudah dibetonisasi,” kata Hanafi kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Rabu (18/12).

Dijelaskan Hanafi, pihaknya masih harus mengerjakan pembangunan jalan sepanjang 163 kilometer. Proses pekerjaan pembangunan jalan dilakukan secara bertahap. Pada 2020, ditargetkan membangunan jalan sepanjang 102.6 kilometer.

“Sisanya nanti dilanjutkan di 2021, kita akan membangun 60,99 kilometer,” jelasnya.

Hanafi menilai, tidak ada kendala berarti saat melakukan proses pembangunan jalan. Meski terkadang ada keterlambatan pengiriman bahan baku, tetapi tidak sampai mengganggu proses dan target pelaksanaan.

“Sejauh ini berjalan lancar dan semoga akan terus lancar,” katanya.

Hanafi melanjutkan, pada 2020 pihaknya akan membangun jalan di 18 kecamatan, yakni Kecamatan Padarincang, Cinangka, Anyar, Mancak, Pabuaran, Bojonegara, Puloampel, Kramatwatu, Kragilan, Cikeusal, Lebakwangi, Cikande, Binuang, Tanara, Ciruas, Kibin, Tirtayasa, dan Kecamatan Carenang.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas PUPR Kabupaten Serang Yadi Pariyadi menambahkan, anggaran yang disediakan Pemkab untuk membangun infrastruktur jalan senilai Rp300 miliar per 2019.

“Kita memang sedang gencar membangun infrastruktur jalan agar perekonomian warga lancar,” katanya.

Yadi mengungkapkan, meski pada 2021 nanti pembangunan jalan sudah selesai. Namun, tugasnya belum cukup sampai di situ, masih ada tugas untuk pemeliharaan dan peningkatan dari jalan desa ke jalan kabupaten.

“Jadi pembangunan infrastruktur masih terus berkelanjutan,” pungkasnya. (mg06/zee/ira)