45 Balita Ikuti Lomba Balita Sehat

FOTO: iStock

RANGKASBITUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, menggelar lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Lebak tahun 2019 di Gedung PKK Kabupaten Lebak, Kamis (25/7). Lomba balita sehat ini diikuti oleh 45 balita yang berasal dari 22 Puskesmas di Kabupaten Lebak.

Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan produktif, sehingga tercipta generasi penerus yang tangguh dan handal bagi pembangunan Kabupaten Lebak.

“Kegiatan semacam ini (lomba balita sehat-red) merupakan agenda tahunan. Para peserta yang ikut perlombaan ini merupakan peserta lomba yang menang di tingkat kecamatan, yang nantinya akan dilombakan di tingkat Provinsi Banten,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Lebak Maman Sukirman.

Menurutnya, lomba itu dibagi dua kelompok umur, yakni balita berumur 6 bulan sampai dengan 24 bulan dan kelompok kedua balita yang berusia 25 bulan sampai dengan 59 bulan.

“Kriteria lomba balita sehat ini tidak hanya diambil dari kesehatan fisik saja, tetapi diambil juga dari kesehatan secara psikologis yang meliputi, perkembangan anak, status sosial dan juga kesehatan ibu,” jelasnya.

Sukirman menyarankan, agar kegiatan tersebut untuk terus didukung, karena merupakan program kesehatan dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat.

Melalui peran orangtua, kata Sukirman, anak-anak mulai dari usia dini diajarkan agar berperilaku hidup sehat, karena hal demikian sangat menentukan bagi generasi ke depannya.

“Menjalankan program kesehatan baik untuk tubuh kita, dan menjamin kekebalan tubuh terhadap balita. Makanan yang sehat dan bergizi penting demi mempercepat pertumbuhan balita tersebut,” ujarnya.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Lebak Triatno Supiyono menyarankan agar ibu-ibu terus menjaga dan merawat anaknya. Baik itu dari segi makanan, kesehatan, serta ikut berperan untuk membantu pemerintah dalam menjaga anak-anak agar nantinya tidak terserang penyakit gizi buruk.

“Dengan kerja sama yang kita lakukan (pemerintah-masyarakat-red), insya Allah apa yang diinginkan bersama bisa terwujud,” ucapnya.

Triatno mengucapkan selamat kepada para juara lomba balita sehat. “Para orangtua terus mendorong dan momotivasi anak baik secara fisik, psikologis, intelektual maupun persiapan lainnya agar ke depannya anak-anak sekarang lebih baik untuk ke depannya,” katanya. (Nurabidin Ence/RBG)