46 Ribu Pemuda Banten Terlibat Kasus Narkoba, Abuya Muhtadi Merasa Prihatin

0
553 views

SERANG – Tokoh Masyarakat Banten, Abuya Muhtadi merasa prihatin dengan banyaknya remaja di Provinsi Banten yang terjerat kasus narkoba. Berangkat dari keprihatinan tersebut, Abuya Muhtadi akan mendirikan Pondok Pesantren Walad Soleh. Hal itu bertujuan untuk memberikan penyuluhan sekaligus pengajaran agama Islam kepada anak muda yang terkena narkoba.

“Saya prihatin melihat kondisi Banten, dengan 46 ribu orang anak muda di Lapas Banten dengan kasus narkoba. Apalagi semuanya rata-rata hanya sebagai pengguna,” kata Abuya Mutadi dalam sambutan acara harlah NU ke- 91 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa(31/1).

Abuya mengatakan pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan BNN Banten, supaya 46 ribu anak muda di lapas Banten dapat dipindahkan ke pondok walad soleh yang akan di buatnya. “Supaya pengguna narkoba seperti ini dapat direhab dan disembuhkan sesuai ajaran agama islam. Makanya ayo, kita para ulama Banten harus dapat mengurus anak muda yang terkena narkoba dengan sungguh-sungguh. Agar mereka kembali ke jalan yang diridoi Allah,” ucapnya.

Menurut Abuya, dengan banyak kasus narkoba yang menimpa anak muda di Banten, disebabkan kurang perhatian dari orang tua, bahkan seperti diabaikan.

Maka itu, lanjut Abuya, pihaknya mengajak kepolisian sektor Banten untuk kerja sama dalam merehab anak muda yang terkena narkoba. “Dari pada mereka di lapas, lebih baik di Pondok pesantren. Karena selain direhab, mereka juga mendapatkan ajaran agama islam dapat membuat mereka ke jalan yang lebih baik,” ungkap Abuya dengan nada tinggi di hadapan para ulama se Banten, dan Walikota Serang.

Kemudian, dirinya juga mengajak ulama se provinsi Banten dapat ikut serta dapat mendirikan pondok pesantren narkoba tersebut, karena tercatat 200 ribu anak muda yang teindetifikasi narkoba, dengan 46 ribu yang berada di tahanan lapas Banten. “Dari pada kita hanya berdiam diri saja, dan melihat rusak generasi muda tanpa berbuat apa-apa. Lebih baik kita melakukan tindakan. Makanya saya mengharapkan ulama di Banten dapat ikut serta dalam mendirikan Pondok Pesantren Walad soleh ini,” ujarnya.

Di tempat sama, Walikota Serang, Tb Hairul Jaman mengaku siap untuk membantu Abuya Muhtadi dalam mendirikan Pondok Pesantren Walad Soleh tersebut. Bahkan dirinya pun akan menganggarkan melalui APBD Pemkot Serang. “Hal yang baik harus kita sambut baik. Karena ini semua untuk generasi muda di Banten,” pungkasnya. (Adef)