499 Orang Berebut Jadi Wakil Banten di LIDA 2020

SERANG – Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020 Indosiar kembali dihelat. Banten masuk sebagai salah satu dari 34 provinsi lokasi tempat audiensi.

Berlangsung di Markas Brimob Polda Banten yang berlokasi di K.H Amin Jasuta, Nomor 1, Lontar Baru, Kota Serang, pada Minggu (13/10), sebanyak 499 orang berebut menjadi wakil Provinsi Banten.

“Banten termasuk yang pesertanya paling antusias. Total yang ikut audisi ada 499 orang,” kata Public Relations Section Head Indosiar dan SCTV Farida Ariyani saat berkunjung ke Graha Pena, Radar Banten, Senin, (14/11).

Dalam kunjungannya, Farida didampingi Public Relations Officer Indosiar SCTV Friscillia Saputra. Mereka diterima langsung Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Banten Delfion Syahputra dan Redaktur Pelaksana Aditya Ramadhan.

Peserta audisi dibatasi usianya mulai 14 sampai 25 tahun. Menurut Farida, peserta yang lolos tahap audisi nantinya akan dinilai oleh tim. Kriteria penilaian yang ditentukan yaitu peserta harus memiliki karakter vokal yang baik dan unik, kemudian peserta mempunyai power dalam bernyanyi.

Selanjutnya, peserta mempunyai ekspresi dalam bernyanyi, dan konsistensi dalam bernyanyi. “Nanti dipilih dua orang mewakili Banten,” ujar Farida.

Kata Farida, LIDA yang rutin digelar kelanjutan dari program Dangdut Academy yang cakupannya lebih diperluas. Tidak hanya kompetisi di dalam negeri, Indosiar pun telah memperluas kompetisi hingga ke penjuru Asia.

Selain Banten, Indosiar akan menggelar audisi langsung di 34 kota besar di Indonesia. Pada audisi kemarin, tiga Provinsi yang pelaksanaan serentak dengan Banten yakni Maluku Utara dan Bengkulu.

Pemred Radar Banten Delfion Syahputra mengapresiasi program LIDA yang digagas Indosiar. Terlebih, program tersebut cukup mampu memberi hiburan sekaligus kesempatan bagi masyarakat yang memiliki bakat bernyanyi. “Orang dari Banten juga sudah ada merasakan menjadi bintang karena program talent dari Indosiar,” katanya.

Seperti Indosiar, ucap Delfion, Banten Raya TV yang masih bagian dari Radar Banten juga memiliki program pencarian bakat dengan nama Banten Voice. Mulai kategori anak, dangdut dan lagu nostalgia. (Ken Supriyono)