Seorang warga menyalakan kompor gas melalui jaringan gas di Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Selasa (19/2).

SERANG – Sebanyak 5.043 rumah di Desa Kramatwatu, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, merasakan manfaat program jaringan gas (jargas) dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Pipa jargas berukuran mini yang menyalur ke ruang dapur tersambung ke kompor gas. Penggunaan jargas cukup mudah, warga tinggal memutar keran di bagian pipa yang tersambung ke kompor. Kemudian tinggal menyalakan kompor untuk kebutuhan memasak.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Kramatwatu Mamak Abror mengatakan, gas yang mengalir ke 5.043 rumah warga, gardu gasnya dipusatkan di Kantor Camat Kramatwatu, yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga melalui pipa.

Abror mengatakan, jaringan gas merupakan buah kerjasama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan PGN. Dengan adanya jaringan gas ini, warga merasa terbantu karena kemudahan mendapatkan gas. “Pembayarannya mudah melalui outlet-outlet yang sudah bekerja sama dengan PGN,” katanya.

Abror mengatakan, jaringan gas ini juga lebih aman dari risiko kebakaran. Tekanan gasnya lebih rendah dibanding gas elpiji. “Semoga ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dewi, seorang warga, merasa terbantu dengan jaringan gas yang mengalir ke rumahnya. “Kita enggak usah repot-repot lagi nyari-nyari gas tabung yang kadang sulit,” katanya. (Abdul Rozak/Aas)