Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang MT Satiawan
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang MT Satiawan.

SERANG – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang MT Satiawan mengungkapkan ada lima warga Serang yang diduga mau ikut jaringan Islam State of Irak and Syiria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS). Indikasi itu terdereksi saat wawancara proses pembuatan paspor dan mereka termasuk orang yang sedang diawasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN)

“Ada 5 warga Kota Serang yang membuat paspor, yang kita indikasikan mereka akan ke Negara Suriah. Tapi alasan buat paspornya mau umroh ke Arab Saudi,” ungkap Satiawan kepada wartawan usai menggelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Serang, di salah satu Rumah Makan di Kota Serang, Senin (29/2/2016).

“Kalau kita, siapa saja yang mengurus paspor, sesuai dengan ketentuan maka kita buat paspornya. Namun setiap pendaftar harus melalui wawancara terlebih dahulu bersama petugas,” lanjutnya.

Satiawan menambahkan, dari 5 warga yang diduga akan bergabung dengan ISIS, pihaknya memperoleh informasi 1 warga belum berangkat. “Selain kecurigaan dari hasil wawancara kami, kelima warga tersebut sudah dalam pengawasan BIN,” katanya, namun Satiawan tidak merilis biodata kelima warga tersebut. (Fauzan Dardiri)