50 Ton Sampah Terangkut dari Kali Sekitaran Pasar Kranggot

Ujang Iing

CILEGON – Sebanyak 50 ton sampah terangkut dari aliran kali yang berada di sekitar Pasar Kranggot Kota Cilegon, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang, Rabu (14/3). Bersih-bersih yang dilakukan ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Cilegon.

Kali yang berada di sekitar Pasar Kranggot ini memang sudah menjadi pemandangan umum jika setiap harinya banyak digenangi sampah. Bahkan ada yang terjadi pendangkalan karena tertimbun sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Ujang Iing mengatakan ada 10 armada truk yang disiapkan untuk mengangkut sampah yang berhasil dikumpulkan hari ini. Setiap truk memiliki daya angkut sampah 5 ton.

“Ini langsung kita angkut di tempat pembuangan sampah akhir, di Bagendung. Kita juga bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan Disperindag Kota Cilegon,” katanya.

Berdasarkan pantauan, belum semua aliran kali yang berada di sekitar Pasar Kranggot bersih dari tumpukan sampah yang berserakan. “Makanya ini akan terus diteruskan. Kan masih ada tiga bulan untuk membersihkan sampah. Tidak hanya hari ini,” ujarnya.

Ia mengklaim, pihaknya telah bekerja maksimal dalam upaya mengentaskan permasalahan sampah. Namun tidak bagi pemilahan sampah yang dapat didaur ulang kembali. “Kurang efektifnya kaitan pemilahan belum maksimal. Di Bagendung itu ada yang milah-milah sampah di sana, tapi bukan dari kita,” ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat dapat lebih mencintai alam sekitarnya dan menjaga kesehatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Masyarakat harus peduli dengan sampah. Karena sampahmu merupakan tanggung jawabmu. Bukan hanya tanggung jawab pemerintah” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)