500 Ton Lebih Sampah di Kabupaten Serang Tak Terangkut

0
1310

SERANG – Produksi sampah di Kabupaten Serang ditaksir mencapai 750 ton setiap harinya. Namun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang hanya mampu mengangkut sekitar 160 ton saja.

Kepala Bidang Pertamanan dan Persampahan pada DLH Kabupaten Serang Toto Mujiarto mengatakan, secara hitung-hitungan, setiap penduduk diasumsikan menghasilkan sampah 0,5 kilogram. Kemudian, jika jumlah penduduk Kabupaten Serang mencapai 1,5 juta jiwa, maka produksi sampah setiap harinya mencapai 750 ton.

Namun, pihaknya mengakui belum bisa menangani semua sampah yang ada di Kabupaten Serang. Karena, keterbatasan sarana prasarana. “Kita hanya punya 50 sampai 54 armada pengangkut sampah, itu sudah termasuk yang ada di kecamatan,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (3/3).

Setiap truk pengangkut sampah, kata dia, hanya mampu mengangkut tiga ton sampah setiap harinya. Berarti, jika ada 54 truk, setiap harinya hanya mampu mengangkut 162 ton saja. “Masih banyak sampah yang tidak terangkut,” ujarnya.

Dikatakan Toto, banyaknya sampah yang tidak terangkut itu lantaran keterbatasan armada pengangkut sampah yang dimiliki oleh instansinya. Selain itu, juga karena wilayah Kabupaten Serang yang luas. (Abdul Rozak)