58 Orang di Kota Tangerang Sembuh dari Covid-19

TANGERANG – Kabar baik datang dari Kota Tangerang. Sebanyak 58 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka yang sembuh dari virus corona itu selanjutnya akan dipetakan, mana yang positif, ODP, dan PDP.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, 58 orang yang dinyatakan sembuh dan terbebas dari Covid-19 di Kota Tangerang sudah dapat beraktivitas biasa. “Datanya ada 58 orang yang sembuh, ini sedang kita breakdown antara ODP (orang dalam pengawasan-red), PDP (pasien dalam pengawasan-red) dan juga yang positif. Artinya ini ada peningkatan, dari awal ada kasus corona di Kota Tangerang,” jelas Walikota Tangerang dua periode ini usai Rapat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melalui telekonferensi dengan Forkopimda di Gedung Puspem Kota Tangerang, Rabu (1/4).

Arief mengingatkan kepada seluruh warga Kota Tangerang untuk tetap meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terpapar virus. “Tingkatkan imunitas tubuh dengan melakukan berjemur diri antara pukul 10-11 pagi dan sering-sering buka ventilasi di rumah agar udara bersirkulasi dengan baik. Jangan lupa minum vitamin,” imbaunya.

Terkait rapid test di Kota Tangerang sementara diprioritaskan bagi tenaga medis rumah sakit dan puskesmas, ODP, PDP, orang yang kontak erat dengan pasien positif, Influenza Like Illness (ILI) dan masyarakat umum dengan random sampling terhadap 13 kecamatan dan 104 kelurahan sesuai dengan kepadatan penduduk. Sejak rapid test dilaksanakan pada 26 Maret hingga kemarin sudah ada 2.045 yang ikut. Dari data yang baru masuk sekitar 1.575, sebanyak 26 warga dinyatakan positif Covid-19. Arief meminta warga yang positif terpapar virus corona itu diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Setelah itu baru akan dilakukan tes swab oleh Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Ketua DPRD Banten Andra Soni menjelaskan, pihaknya menggelar rapat pimpinan dengan gubernur  kemarin untuk konsultasi dan koordinasi terkait kondisi saat ini. “Kami memerlukan informasi apa saja yang sudah dikerjakan, akan dikerjakan, dan sedang dikerjakan oleh Pemprov Banten,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, gubernur telah menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan beserta strategi ke depan. “Pada prinsipnya kami mendukung seluruh upaya yang dilakukan oleh Pemprov Banten dalam melindungi masyarakat Banten,” tuturnya.

Kaitan dengan realokasi anggaran yang dilakukan Pemprov Banten, Andra mengaku pihaknya mendukung penanganan dan pencegahan Covid-19. “Kami minta koordinasi seperti ini dengan kabupaten kota, maupun koordinasi dengan DPRD Banten tetap berjalan,” tutup Andra. (one-den/alt/ags)