6 Jenis Teh Terbaik untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

SAKIT tenggorokan merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami saat pergantian cuaca. Kebanyakan orang langsung mengonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakannya.

Namun, tahukah Anda jika sakit tenggorokan juga bisa sembuh hanya dengan minum teh hangat?

Berikut ini beberapa jenis teh yang dipercaya mampu mengobati sakit tenggorokan, seperti dilansir laman Prevention.

1.Teh Akar Licorice

Akar licorice yang manis yang berasal dari tanaman yang disebut Glycyrrhiza glabra, adalah bahan pokok dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Peneliti Tiongkok menyoroti sifat antimikroba dan antivirusnya yang bisa menjadi kunci dalam melawan bakteri dan virus yang menyebabkan sakit tenggorokan yang menular.

2. Marshmallow Root Tea

Althaea officinalis, herbal yang lebih dikenal sebagai akar marshmallow, mengeluarkan zat yang lengket seperti gel yang disebut lendir, yang bisa melapisi tenggorokan untuk efek yang menenangkan. Sebuah studi tahun 2014 mencatat bahwa teh ini juga memiliki sifat penghilang rasa sakit, terutama ketika datang ke peradangan, tanda sakit tenggorokan.

3. Teh jahe

Jahe dan lengkuas (sejenis akar) terkenal karena efek anti-peradangannya. Dan kunyit, yang berasal dari keluarga yang sama dengan jahe, telah lama digunakan sebagai antiseptik yang melawan infeksi di negara-negara Asia Selatan.

4. Teh Chamomile

Teh ini sangat menenangkan dan madu menawarkan rasa manis yang lembut untuk membantu melapisi tenggorokan. Secara khusus, chamomile yang kaya antioksidan telah terbukti melumasi tenggorokan untuk menurunkan rasa sakit dan suara serak.

5. Slippery Elm Tea

Teh herbal ini berasal dari kulit kayu Ulmus rubra — ata uslippery elm — pohon Amerika Utara. Seperti akar marshmallow, slippery elm mengandung lendir tinggi, menciptakan gel yang bisa melapisi dan menenangkan tenggorokan. Bahkan, teh ini juga digunakan dalam beberapa pelega tenggorokan oral untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan.

6. Teh Peppermint

Jika Anda mencari bantuan pendinginan khusus, peppermint bisa menyelesaikan pekerjaan. Peppermint kaya mentol, yang bertanggung jawab untuk sensasi pendinginan yang Anda kaitkan dengan mint. Baik peppermint dan mentol memiliki sifat antibakteri — plus jika sakit tenggorokan Anda adalah hasil dari infeksi bakteri, seperti strep. (fny/jpnn)