60 Sekolah Ikuti Bintek Pembinaan KJR Dindik Banten

Ist. Bintek KJR Banten
Ist. Bintek KJR Banten
SERANG – Demi meningkatkan kemampuan remaja untuk menjaga kesehatan dirinya melalui penyuluhan tentang penyakit jantung dan pembuluh darah serta upaya pencegahannya, Pemerintah Provinsi Banten menggelar Bintek Pembinaan Klub Jantung Remaja (KJR) yang diselenggarakan oleh Seksi Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Dindik Banten di salah satu hotel berbintang di kawasan wisata Anyer, Kamis (25/2/2016).
 
Bintek diikuti oleh 300 peserta didik SMA yang berasal dari 60 SMA negeri dan swasta. Setiap sekolah mengirimkan peserta masing-masing 5 siswa. Kegiatan dibagi menjadi tiga tahap, dengan masing-masing tahap diikuti oleh 100 orang peserta.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten Teddy Rukman menjelaskan, pelaksanaan Bintek ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan kader bangsa yang dapat membudayakan pola hidup sehat, agar terbentuk generasi yang sehat dan produktif.
 
“Kami berharap dari kegiatan ini dapat muncul sumber daya manusia yang berkualitas, sehat, sejahtera serta bebas penyakit jantung dan pembuluh darah. Ingat negara yang hebat, tercipta dari masyarakatnya yang sehat,” katanya.
 
Sebagai informasi, berdasarkan catatan Yayasan Jantung Indonesia, sebanyak 80,11 persen anak dan pemuda di Indonesia kurang bergerak. Bahkan, dalam satu survey pada remaja perokok berumur 24 tahun, sebanyak 58,57 persen responden laki-laki, telah merokok sejak berusia 10 tahun. Kondisi yang sama juga terjadi pada responden perempuan, yakni sebanyak 1,60 persen sejak usia 10 tahun.
 
Hal ini tentunya mengakibatkan kondisi fisik dan psikis remaja berada dalam posisi yang amat rentan. Kondisi ini diperparah dengan lemahnya kebijakan pemerintah dalam melindungi kepentingan remaja secara keseluruhan. (Aneu)