600 Tanaman Hias Menambah Hijau RT di Nyapah

0
544 views

WALANTAKA – Lurah Nyapah Oewin Kurniawan membuktikan keseriusannya di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Untuk membuat enam RT di kelurahannya lebih hijau, dia telah menyiapkan 600 batang tanaman hias.

“Sekarang kita beli 600 pohon hias,” kata Oewin kepada Radar Banten, Minggu (5/7). Tanaman hias ini untuk menambah bibit pohon cabai dan terong yang telah ia sebar ke enam RT di wilayahnya.

Oewin menyebutkan, ada 3.000 bibit pohon cabai dan terong yang telah dia bagikan ke enam RT di Kelurahan Nyapah yang mengikuti LRLA.

Semua tanaman itu, jelas Oewin, dibeli menggunakan dana patungan dari uang iuran warga dan Lurah Nyapah. “Memang harus swadaya kalau penataannya serius mah,” ungkapnya.

Tanaman hias seperti palem, pucuk merah, dan lainnya telah diserahkan kepada pengurus tiap RT. “Kalau tanaman bermanfaatnya, kita beli tanaman palawija,” terang Oewin.

Ia menargetkan, keenam RT di wilayahnya menjadi lingkungan hijau. Ia pun berharap, ada RT di wilayahnya yang masuk nominasi juara LRLA.

“Gara-gara pemberitaan di tahap pertama, sekarang warga jadi termotivasi buat menunjukkan hasil terbaik,” tukas Oewin.

Satu dari enam RT di Kelurahan Nyapah yang ikut LRLA adalah RT 02 RW 02, Lingkungan Nyapah Kiara. Menurut Ketua RT-nya, Sulisman, iuran warga yang digagas oleh Lurah Nyapah, sangat membantu kegiatan warga menata lingkungannya. Dengan iuran, warga juga menjadi semangat untuk mengubah kampungnya. Warga pun jadi punya rasa memiliki terhadap kampung dan hasil penataannya.

“Semoga kita meraih juara supaya makin kompak,” harap Sukisman. (mg06/don)