622 Template Braille Disiapkan untuk Penyandang Tunanetra di Kota Cilegon

0
393 views

CILEGON – Sebanyak 622 template braille untuk surat suara bagi penyandang tunanetra telah disiapkan oleh KPU Cilegon pada Pilgub Banten 2017 mendatang. Setiap TPS akan memiliki satu lembar template braile.

Kepala Divisi Logistik KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli mengatakan, template braile merupakan lembaran yang telah didesain untuk diisi surat suara agar penyandang tunanetra dapat membaca pasangan calon yang menjadi pilihannya.

Template ini bukan surat suara. Tapi alat agar pemilih disabilitas (tunanetra) bisa membaca dan mengenali mana pasangan calon. Surat suaranya tetap sama dengan pemilih yang lain,” ujar Eli saat ditemui Radar Banten Online di ruang kerjanya, Jumat (3/2) kemarin sore.

Eli mengatakan, penyandang disabilitas khususnya tunanetra berhak mendapatkan pengawalan dari panitia pemungutan suara ataupun pihak keluarganya apabila yang bersangkutan tidak dapat membaca huruf braille.

“Boleh menggunakan pendamping. Pendamping itu bisa diambil atau dipilih dari petugas KPPS atau dari keluarganya. Karena salah satu tugas KPPS selain sebagai panitia TPS adalah membantu penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya apabila mengalami kesulitan. Tidak ada perbedaan TPS bagi penyandang disabilitas dan masyarakat umum lainnya,” katanya. (Riko)