CILEGON – Sebanyak 67 komunitas berkumpul di Alun-alun Kota Cilegon, Sabtu (9/3), untuk menghadiri Cilegon Community Festival.

Ketua Paguyuban Tenan (Paten) Alun-alun Kota Cilegon Asep Rahmatullah menjelaskan, kegiatan ini dibuat untuk mewadahi para penggiat komunitas di Kota Cilegon agar bersilaturahmi dan berkarya.

“Ini pertama di Kota Cilegon, mudah-mudahan ini bisa dijadikan momentum tahunan,” ujar Asep.

Kata Asep, banyak komunitas di Kota Cilegon yang mengharapkan event seperti ini digelar setiap tahun. Respons mereka cukup tinggi terbukti dengan banyaknya komunitas yang mendaftar.

Di event ini, sejumlah komunitas yang hadir misalnya Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Kota Cilegon, komunitas mobil VW dan Mercedes Benz, komunitas flora dan fauna, serta komunitas gaya hidup. 

“Teman-teman komunitas memiliki potensi yang luar biasa. Banyak dari komunitas yang ada mengalami kesultian untuk mengekspresikan diri, menyalurkan bakat, maka diharapkan ada peran dari pemerintah,” ujarnya.

Walikota Cilegon Edi Ariadi menuturkan, sebagai walikota sekaligus anggota komunitas mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, event yang memprtemukan penggiat komunitas tersebut memberikan dampak baik pada Kota Cilegon.

“Semua bersatu demi kemajuan Kota Cilegon. Alun-alun kita terasa manfaatnya tidak hanya untuk agenda komunitas, tapi juga agenda sosial dan kemasyarakatan lainnya,” ujarnya.

Edi mengaku mendukung kegiatan seperti itu digelar secara rutin agar kreativitas warga Kota Cilegon semakin berkembang. “Kalau perlu ada setiap minggu, ada kegiatam teatrikal, musik, dan kegiatan  lainnya. Silakan kreativitasnya dikeluarkan demi pembangunan  kebudayaan dan prestasi di Kota Cilegon. Karena memang dibangunnya ruang terbuka alun-alun ini untuk kreativitas warga Kota Cilegon,” ujarnya. (Bayu Mulyana)