69 Pelatih Ikuti Pelatihan Dasar Cabang Olahraga

0
1.170 views
Ketua KONI Kabupaten Serang Eki Baihaki berfoto bersama peserta pelatihan pelatih tingkat dasar Kabupaten Serang usai pembukaan di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Jumat (21/7).

SERANG – Sebanyak 69 pelatih yang terdiri atas 40 pelatih cabang olahraga (cabor) dan 29 pelatih perwakilan koordinator olahraga kecamatan (korcam) se-Kabupaten Serang menjadi peserta pelatihan pelatih tingkat dasar. Kegiatan yang digelar KONI Kabupaten Serang di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, mulai Jumat-Minggu (21-23/7) merupakan salah satu strategi untuk menghadapi multievent Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang.

Ketua KONI Kabuaten Serang Eki Baihaki mengatakan, tujuan utama pelaksanaan pelatihan pelatih tingkat dasar ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepelatihan.

“Kegiatan ini merupakan program Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kabupaten Serang sebagai wadah untuk peningkatan kualitas SDM pelatih seluruh cabor. Kami berharap para peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya nanti untuk meningkatkan kualitas dan prestasi atlet KabuPaten Serang ke depan. Tujuan utama kita sudah jelas melalui kegiatan ini kita tingkatkan prestasi di Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang,” kata Eki kepada awak media di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Jumat (21/7) sore.

Eki menambahkan, untuk menciptakan atlet berprestasi, tentunya membutuhkan sosok pelatih yang kompeten. Bila ditangani pelatih berkompeten dan profesional, progres atau kualitas atlet akan terus meningkat. “Itu tadi, kita akan menghadapi porprov jadi butuh pelatih yang kompeten agar prestasi atlet meningkat. Semua pelatih akan dibekali pelatihan teori dan praktik. Untuk teori, seorang pelatih dituntut untuk bisa menyusun program kepelatihannya yang akan diterapkan ke anak didiknya. Sedangkan, pelatihan praktik adalah bagaimana cara pelatih mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya kepada anak didiknya secara benar dan tepat,” tuturnya.

Ketua Panitia Supriyadi menyatakan, pelatihan dasar yang dilakukan merupakan awal untuk para pelatih meningkatkan ilmu pengatahuan kepelatihan. “Kita tidak berhenti di pelatihan dasar saja. Nanti ada kelanjutannya agar pelatih Kabupaten Serang lebih berkualitas. Semakin banyak ilmu yang dimiliki, tentunya pelatih akan menjadi hebat. Hasilnya juga akan berimbas pada peningkatan prestasi atlet binaan,” ucapnya.

Pada Porprov V Banten 2018, KONI Kabupaten Serang mengusung target finis pada peringkat tiga besar. “Porprov IV Banten 2014 di Kota Serang, Kabupaten Serang bertengger di posisi keempat klasemen akhir. Kita berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mendongkrak prestasi atlet Kabupaten Serang di Porprov V nanti,” pungkas pria yang akrab disapa Yadi itu. (Andre AP/RBG)