7 Oktober Coklit Pemilih Ditarget Selesai

0
222
Ilustrasi
Ilustrasi

SERANG – 7 Oktober Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih ditarget selesai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten hingga kini sudah menerima 92 persen dari total 16.497 TPS.

“Berdasarkan hasil Rakor kemarin sekitar 92 persen data sudah masuk laporannya. Kita optimis dalam waktu dua hari seluruh datanya bisa masuk,” kata Ketua Divisi Humas, Data, Informasi dan Hubungan Antar Lembaga, Didih M Sudi kepada wartawan, Kamis (6/10).

Didih mengatakan, bahwa setelah pihaknya melakukan koordinasi, sisa data 8 persen terdiri dari data belum keterima dan masih belum selesai coklitnya.

“Setelah selesai tahapan coklit ini, parpol atau masyarakat bisa memberikan tanggapan sampai selesainya penyusunan DPS hasil perbaikan sampai dengan tanggal 20 November 2016,” katanya.

Didih juga meminta, agar KPU Kabupaten/Kota melalui PPDP untuk menjaga data non KTP Elektronik beserta historinya serta membuat catatan kronologis dari setiap tahapan pendataan pemilih yang dibuat oleh komisioner sebagai langkah antisipasi serta deteksi dini potensi gugatan hukum.

Diketahui, pemutakhiran data pemilih yakni pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas PPDP yang telah bekerja sejak 8 September hingg 07 Oktober 2016. (Fauzan Dardiri)