780 Ribu Mangrove Ditanam di Tirtayasa

0
299 views
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar (tengah) melakukan penanaman mangrove di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Sabtu (7/11).

SERANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan penanaman pohon mangrove di atas lahan 600 ribu hektare di Indonesia. Tahun ini, baru ditanam di 15 ribu hektare lahan di berbagai daerah termasuk di Banten.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, penanaman mangrove  dilakukan melalui program padat karya penanaman mangrove (PKPM). Dalam program ini, kata Menteri Siti, melibatkan masyarakat sebagai penanam dan akan diberikan insentif.

“Sehingga ada sekitar 5,9 juta pekerja, para pekerja mangrove  akan mendapatkan uang Rp80 ribu per hari, langsung dari rekening bank ke rekening mereka,” kata Menteri Siti saat melakukan penanaman mangrove di Kecamatan Tirtayasa, Sabtu (7/11).

Berdasarkan hasil pantauan Menteri Siti di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, lokasi lahan penanaman mangrove berada di pojok yang jauh dari permukiman. Kondisinya masih dipenuhi dengan sampah. “Nanti saya minta dirjen (direktorat jenderal-red) untuk turun ke lokasi untuk mengecek sampahnya,” ujarnya.

Kata Menteri Siti, keberadaan hutan mangrove sangat diperlukan di wilayah pesisir. Selain sebagai penahan abrasi juga untuk menyerap karbondioksida. “Mangrove ini bisa menyerap karbon 30 kali lipat dibandingkan hutan biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengatakan, ada dua kelompok masyarakat yang melakukan penanaman mangrove. Setiap kelompoknya terdiri atas 120 orang.

Ia mengatakan, selama ini pihaknya juga melibatkan pihak perusahaan untuk ikut serta melakukan penanaman mangrove. Sudah ada tiga perusahaan yang terlibat. “Kalau tahun ini program dari kita enggak ada,” katanya.

Ketua Kaukus Lingkungan Hidup Serang Raya Anton Susilo mengatakan, di Kecamatan Tirtayasa ada 780.000 batang mengrove yang ditanam. Lahan mangrove yang disediakan seluas 78 hektare. “Jadi per hektare ada 10 ribu mangrove,” katanya. (jek/alt)